Abstract
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI
UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA DI
KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 PURWOREJO
Oleh:
Mifta Dyah Rosmala
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya partisipasi dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Multimedia. Penelitian
bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran make a match
dalam (1) peningkatan partisipasi siswa dan (2) peningkatan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran kompetensi kejuruan multimedia di kelas X Multimedia SMK
Negeri 6 Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia semester genap
tahun akademik 2014/2015 sejumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam
dua siklus dan setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi hasil belajar siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi partisipasi siswa,
lembar evaluasi hasil belajar siswa, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode
dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran make
a match dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas X
Multimedia pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Multimedia. Pada
pertemuan pertama siklus I, rata-rata persentase sub indikator partisipasi siswa
sebesar 62.50%, meningkat pada pertemuan kedua menjadi 71.15%. Pada
pertemuan pertama siklus II, meningkat menjadi 77.88% dan kembali meningkat
pada pertemuan kedua menjadi 83.65%. Rata-rata sub indikator partisipasi siswa
pada siklus I mencapai 65.50% dan meningkat pada siklus II menjadi 80.77%.
Peningkatan rata-rata sub indikator siklus I ke siklus II adalah 15.27% diikuti
dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut dilihat dari
kenaikan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak minimal 75%
dari jumlah total siswa. Dari hasil pre-test, hanya 10 siswa atau 31.25% yang
mencapai KKM. Pada siklus I jumlah siswa yang telah mencapai KKM meningkat
menjadi 20 siswa atau 62.50%. Dan pada siklus II, meningkat menjadi 26 siswa
atau sebanyak 81.25%.
Kata kunci: make a match, partisipasi, hasil belajar, kompetensi kejuruan
multimedia
0 comments:
Post a Comment