Abstract
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS HOTSPOT INTERNET SEBAGAI
SALAH SATU SUMBER BELAJAR SISWA
DI SMA NEGERI 1 GODEAN YOGYAKARTA
Oleh:
Boma Brahmadhanu
NIM. 07520244089
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui seberapa besar
efektivitas penggunaan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber
belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta ditinjau dari segi siswa, (2)
mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan fasilitas hotspot internet
sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta
ditinjau dari segi guru, (3) mengetahui seberapa besar aksesibilitas fasilitas
hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1
Godean Yogyakarta ditinjau dari segi siswa, (4) mengetahui seberapa besar
aksesibilitas fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di
SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta ditinjau dari segi guru, (5) mengetahui
seberapa besar hambatan yang dihadapi oleh siswa dalam menggunakan fasilitas
hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa di SMA Negeri 1
Godean Yogyakarta, (6) mengetahui seberapa besar hambatan yang dihadapi
oleh guru dalam menggunakan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu
sumber belajar siswa di SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian
adalah semua siswa dan guru SMA Negeri 1 Godean Yogyakarta sebanyak 538
orang. Cara penentuan sampel untuk populasi siswa adalah dengan
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sedangkan guru
dengan teknik simple random sampling. Ukuran sampel penelitian sebanyak 223
siswa dan 37 guru ditentukan dengan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan
angket. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik desktiptif.
Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) efektivitas penggunaan fasilitas hotspot
internet sebagai salah satu sumber belajar siswa ditinjau dari segi siswa
termasuk kategori rendah (49,78%); dan dari segi guru termasuk kategori
kurang (51,35%), (2) aksesibilitas fasilitas hotspot internet sebagai salah satu
sumber belajar siswa ditinjau dari segi siswa termasuk kategori tinggi (59,19%);
dan dari segi guru termasuk kategori sangat tinggi (40,54%), (3) hambatan
penggunaan fasilitas hotspot internet sebagai salah satu sumber belajar siswa
ditinjau dari segi siswa termasuk kategori tinggi (57,40%), dan dari segi guru
termasuk kategori tinggi (45,95%).
Kata kunci: efektivitas, aksesibilitas, hambatan, hotspot internet, dan sumber
belajar
0 comments:
Post a Comment