Abstract
PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK
SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Candra
Agustina NIM. 11520241025
ABSTRAK
Pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi di SMK Muhammadiyah
Prambanan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi jenis
– jenis animasi flash dan belum tersedianya media pembelajaran
interaktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan media
pembelajaran interaktif yang dapat membantu siswa dalam proses
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan media
pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berbasis Adobe Flash, (2)
mengetahui kelayakan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi
berbasis Adobe Flash, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah
menggunakan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan
(Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada
penelitian ini adalah model pengembangan Luther. Model pengembangan
Luther terdiri dari 6 tahap yaitu: (1) pengonsepan (concept), (2)
perancangan (design), (3) pengumpulan bahan (material collecting), (4)
pembuatan (assembly), (5) pengujian (testing), dan (6) pendistribusian
(distribution). Pengujian dilakukan dengan dua tahap pengujian yaitu
pengujian alpha dan pengujian beta. Setelah siswa selesai belajar
menggunakan media pembelajaran, siswa mengerjakan tes praktik untuk
mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1)
menghasilkan media pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berbasis Adobe
Flash, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar
84,27 % dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87,31 % dengan
kategori sangat layak, dan untuk penilaian siswa terhadap media
pembelajaran sebesar 87,48 % dengan kategori sangat layak, dan (3) untuk
hasil belajar siswa diperoleh rerata 81,31 dengan persentase ketuntasan
belajar mencapai 82,17 % yang termasuk dalam kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran Teknik Animasi 2
Dimensi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi bahan
ajar dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Teknik Animasi 2 Dimensi, hasil belajar,
kelayakan belajar
kelayakan.
0 comments:
Post a Comment