Abstract
Desi
Putri Asih, 2015. “Efektivitas LKS Pada Peningkatan Hasil Belajar Mata
Pelajaran Pembuatan Pola di SMK Negeri 1 Tegal”. Pembimbing Dra.
Widowati, M.Pd. Program Studi PKK Tata Busana, Jurusan Teknologi Jasa
dan Produksi, Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Pendidikan
adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat
menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan dengan
demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya
untuk berfungsi secara nyata dalam kehidupan masyarakat. Seluruh
kegiatan pendidikan, yakni berupa bimbingan, pengajaran dan pelatihan
diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan dikatakan
tercapai apabila hasil belajar siswa mengalami perkembangan dan
peningkatan. Tujuam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembuatan LKS
dan untuk mengetahui efektivitas LKS pada peningkatan hasil belajar Mata
Pelajaran Pembuatan Pola di SMK Negeri 1 Tegal. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain
penelitian One-Group Pretest-Posttest, dan untuk menguji hipotesis
menggunakan t-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI Busana Butik di SMK N 1 Tegal yang terdiri dari 3 kelas yang
berjumlah 78 siswa. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah random sampling dengan cara undian, dan diperoleh kelas Busana
Butik 2 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi pembelajaran
menggunakan LKS. Pengumpulan data yang digunakan metode tes, lembar
observasi, dan dokumentasi. Uji coba validitas instrumen menggunakan
rumus product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus K-R20.
Metode analisis data menggunakan t test yang sebelumnya dilakukan uji
prasyarat normalitas dan homogenitas. Besar efektivitas dianalisis
dengan uji gain score. Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t
menunjukan thitung = 10,330 > ttabel = 2,060 dengan demikian
hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada
efektivitas penggunaan LKS pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola dengan
pokok bahasan pembuatan rok lipit hadap dan besarnya efektivitas adalah
0,50 atau dalam perhitungan gain masuk pada kategori sedang. Saran yang
dapat diberikan yaitu penggunaan bahan ajar LKS dapat digunakan pada
Mata Pelajaran lain selain Mata pelajaran Pembuatan Pola misalnya pada
Disain Busana, pembiasaan pada siswa untuk disiplin dalam mengumpulkan
tugas sehingga tidak memakan waktu yang cukup lama dalam penilaian hasil
belajar.
0 comments:
Post a Comment