Download (4Mb)
Abstract
Pembelajaran
yang diterapkan pada materi pokok pembuatan pola dasar teknik draping
masih didominasi oleh guru sehingga kurang dapat menarik perhatian siswa
untuk belajar. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab rendahnya
hasil belajar. Tujuan penelitian: (1) mengetahui validitas media
powerpoint dan job sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar
siswa SMK Tegal; (2) mengetahui efektivitas media powerpoint dan job
sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar siswa SMK Tegal.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain
Pre-test-Post- test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X Busana Butik. Teknik pengambilan sampel
adalah simple random sampling. Metode Pengumpulan data yang digunakan
adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis
menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil perhitungan uji-t diperoleh
thitung> ttabel, ada efektivitas penggunaan media powerpoint dan job
sheet pembuatan pola draping terhadap hasil belajar siswa. Hasil
perhitungan uji gain kelas eksperimen 0.53 dalam kategori sedang dan
kelas kontrol 0.26 dalam kategori rendah. Simpulan dari penelitian ini
adalah: (1) media powerpoint dan job sheet pembuatan pola draping
terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Kota Tegal dinyatakan valid
dan dapat digunakan dalam penelitian; (2) Media powerpoint dan job sheet
terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran pembuatan pola draping.
Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata pre-test dan
post-test kelas eksperimen. Perhitungan uji-gain peningkatan test
kognitif pre-test dan post-test kelas eksperimen masuk dalam kategori
sedang dan kelas kontrol masuk dalam kategori rendah. Saran yang terkait
penelitian yaitu (1) penggunaan media powerpoint dan job sheet dalam
proses pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media powerpoint dan job sheet
sebagai salah satu alternatif media dalam proses pembelajaran; (2) media
pembelajaran apapun harus disesuaikan dengan karakteristik siswa dan
jenis mata pelajaran (teori atau praktek) dan hasil penelitian ini dapat
dijadika
0 comments:
Post a Comment