Abstract
Pembelajaran
seni rupa yang dilaksanakan di SD Negeri Pringsari 1 kurang variatif
dalam hal materi ajar praktik. Oleh karena itu perlu adanya penerapan
materi ajar yang menarik untuk mengembangkan kreativitas siswa, salah
satunya adalah menggambar karikatur dengan teknik montase. Rumusan
masalah yang dikaji adalah bagaimana proses pembelajaran siswa dalam
menggambar karikatur dengan teknik montase?, bagaimana hasil
pembelajaran siswa dalam menggambar karikatur dengan teknik montase? dan
apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran siswa
dalam menggambar karikatur dengan teknik montase?. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian eksploratif dengan pendekatan yang
digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai
berikut: (1) proses pembelajaran menggambar karikatur dengan teknik
montase berjalan sesuai dengan prosedur melalui pendekatan demonstrasi,
penugasan, dan pendampingan individual dan kelompok, (2) hasil yang
diperoleh siswa dalam menggambar karikatur menunjukkan kategori baik
dengan rician pada pengamatan terfokus 1 memperoleh rata-rata nilai
75,83 sementara itu pada pengamatan terfokus 2 siswa memperoleh nilai
rata-rata 82,31, (3) faktor yang mendukung adalah kesiapan siswa dalam
mengikuti pelajaran, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran, kemampuan
siswa dalam menggambar, keterampilan siswa dalam menggunakan crayon,
dan kesiapan guru. Sementara itu, faktor yang menghambat adalah kondisi
pembelajaran yang kurang kondusif, kemampuan dalam menggunakan pensil
warna,pengetahuan tentang seni rupa yang masih rendah, danalokasi waktu
pembelajaran yang terbatas. Saran yang direkomendasikan dalam proses
pembelajaran tersebut guru perlu mendampingi siswa dengan berkeliling
untuk meninjau keadaan siswa, guru perlu menentukan media berkarya yang
sama pada semua siswa, dan guru perlu sering memperlihatkan
contoh-contoh karya seni rupa kepada siswa.
0 comments:
Post a Comment