Abstract
Kurikulum
merupakan komponen yang berperan penting dalam menentukan kualitas
potensi diri peserta didik. Kurikulum 2013 menekankan pada karakter
peserta didik dan kompetensi yang dimiliki setelah lulus dalam
menghadapi globalisasi. Kurikulum 2013 menerapkan 3 penilaian yaitu
penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
Perbedaan penilaian kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya menarik
peneliti untuk melaksanakan penelitian mengenai pelaksanaan penilaian
pembelajaran mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1
Sedan berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui
pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 1 Lasem dan
SMP Negeri 1 Sedan berdasarkan kurikulum 2013; (2) mengetahui hambatan
yang di peroleh dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn kelas VII
SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan berdasarkan kurikulum 2013.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokasi
penelitian di SMP Negeri 1 Lasem dan SMP Negeri 1 Sedan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan
observasi. Triangulasi adalah teknik yang digunakan untuk menguji
objektivitas dan keabsahan data dalam penelitian ini. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis interaktif dengan tahapan pengumpulan
data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan penilaian pembelajaran
PPKn di SMP Negeri 1 Lasem dan di SMP Negeri 1 Sedan belum terlaksana
sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum 2013, karena pemahaman guru
dalam penilaian kurikulum 2013 masih minim; (2) aspek penilaian yang
belum terlaksana dengan baik adalah penilaian sikap dan penilaian
portofolio; (3) hambatan yang ditemui adalah penilaian berdasarkan
kurikulum belum dipahami guru secara utuh serta guru belum terampil
dalam membuat rubrik penilaian dan mengolah hasil penilaian. Saran dalam
penelitian ini sebagai berikut: bagi guru, dalam membuat perencanaan
penilaian dilengkapi dengan teknik dan instrumen penilaian yang akan
digunakan. Pelaksanaan penilaian mencakup seluruh aspek penilaian dalam
kurikulum 2013 dan laporan hasil penilaian ditulis berdasarkan
pelaksanaan penilaian. Guru perlu mendapatkan pelatihan agar pelaksanaan
kurikulum 2013 di sekolah dapat terlaksana baik sesuai dengan ketentuan
dalam Kurikulum 2013.
0 comments:
Post a Comment