Abstract
Berkarya
seni rupa tidak terlepas dari alat dan bahan yang digunakan untuk
berkarya. Bahan dalam berkarya seni bisa berasal dari alam, limbah alam
dan hasil buatan manusia. Berdasarkan pengamatan di MAN Majenang,
pembelajaran seni rupa tidak hanya terbatas pada penggunaan media kanvas
dan cat minyak atau air, namun guru juga memperkenalkan media seni rupa
yang lain kepada siswa. Salah satu media yang diperkenalkan oleh guru
yaitu memanfaatkan gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase.
Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang dikaji dalam
penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan pemanfaatan gedebog
kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1
MAN Majenang Kabupaten Cilacap?, (2) bagaimana hasil karya pemanfaatan
gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII
IPA 1 MAN Majenang Kabupaten Cilacap?, (3) apa saja kendala-kendala
yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pemanfaatan gedebog kering
dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1 MAN
Majenang Kabupaten Cilacap? Metode dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah pemanfaatan
gedebog kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII
IPA 1 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan
teknik observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pemanfaatan gedebog
kering dalam pembelajaran seni lukis kolase bagi siswa Kelas XII IPA 1
MAN Majenang Kabupeten Cilacap pada pelaksanaan pembelajaran berjalan
lancar. Pelaksanaan pembelajaran menghasilkan berbagai karya lukis
kolase yang cukup unik, menarik, bervariatif dan menunjukan hasil yang
baik. Hasil evaluasi pembelajaran dari guru diperolah nilai rata-rata
dari 24 siswa mencapai 79 tergolong dalam kategori baik. Kendala-
kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu berkenaan
dengan alokasi waktu pembelajaran dan kendala yang dialami siswa dalam
proses pembuatan karya.Saran yang dapat direkomendasikan yaitu (1) guru
sebaiknya mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik dan
lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran agar siswa lebih
mengetahui, memahami, dan termotivasi dalam membuat karya lukis kolase
dengan memanfaatkan gedebog kering, (2) pihak sekolah hendaknya
memberikan perhatian di semua aspek pendidikan seni, serta memberikan
ruang khusus seni rupa dan kelengkapan penunjang lainnya yang diperlukan
dalam proses pembelajaran seni rupa.
0 comments:
Post a Comment