Abstract
Pembelajaran
seni rupa di SMP Al Madina Wonosobo masih berupa kegiatan pembelajaran
yang monoton atau tidak menarik.Oleh sebab itu perlu adanya pembelajaran
yang menarik agar mampu mengembangkan kreativitas siswa dalam berkarya
seni.Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran
mengukir pada gypsum dengan motif geometris. Rumusan masalah yang dikaji
adalah bagaimana pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif
geometris siswa kelas VII SMP Al Madina Wonosobo?, bagaimana hasil dari
pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometrissiswa kelas
VII SMP Al Madina Wonosobo? dan apa faktor penghambat dan pendukung
dalampemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir motif geometris siswa
kelas VII SMP Al Madina Wonosobo?. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian eksploratif dengan pendekatan yang digunakan adalah
kualitatif.Penelitian ini dilakukan di SMP Al Madina Wonosobo. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data,
penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh
yaitu sebagai berikut: (1) pemanfaatan gypsum dalam pembelajaran ukir
motif geometris melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. Pada tahap evaluasi meliputi penyusunan RPP yang berisi
mengenai tujuan dari pembelajaran, materi, metode, strategi, dan
evaluasi pembelajaran. tahap kedua yaitu pelaksanaan pembelajaran yang
sesuai dengan rancangan pembelajaran. Setelah pelaksanaan pembelajaran,
tahap akhir yaitu evaluasi pembelajaran. Evaluasi mencakup 3 aspek yaitu
ide atau gagasan, bentuk karya, dan proses pembuatan. selain aspek
penilaian tahap evaluasi menggunakan 3 penilai yang terdiri dari guru
seni budaya SMP Al Madina Wonosobo, Guru Seni Budaya SMA Muhammadiyah
Wonosobo, dan peneliti, (2) hasil yang diperoleh siswa dalam mengukir
pada gypsum motif geometris menunjukkan kriteria baik pada pengamatan
proses I dengan nilai ratarata kelas 76,8 dan pada pengamatan proses II
dengan nilai rata-rata kelas 81,3, (3) faktor yang mendukung dari
pembelajaran mengukir pada gypsum motif geometris adalah antusias siswa
dalam berkarya seni dan kemampuan siswa dalam berkarya seni yaitu
mengukir pada gypsum. Faktor yang menghambat pembelajaran mengukir pada
gypsum adalah kurang rasa percaya diri pada siswa saat berkarya dan
alokasi waktu dalam berkarya yang masih terbatas.Saran yang
direkomendasikan adalah sebagai berikut. Pertama guru sebaiknya
memberikan motivasi kepada siswa saat berkarya, kedua guru lebih banyak
dalam menampilkan contoh dari karya seni rupa kepada siswa, ketiga
mengatur alokasi waktu pada saat merencanakan pembelajaran.
0 comments:
Post a Comment