Download (4069Kb)
Abstract
Pembelajaran
IPA di SMP Mataram Semarang belum sepenuhnya menerapkan prinsip inkuiri
ilmiah sehingga partisipasi aktif dari peserta didik masih kurang.
Kurangnya partisipasi peserta didik menyebabkan pemahaman konsep (hasil
belajar kognitif) dan keterampilan proses sains (KPS) masih rendah.
Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan
diterapkannya strategi POE (predict-observe-explain) dengan metode
Learning Journals. Strategi POE merupakan strategi yang memberikan
kesempatan peserta didik untuk belajar secara konkret sehingga mampu
meningkatkan pemahaman dan KPS. Learning Journals merupakan suatu metode
pembelajaran yang mengembangkan kemampuan metakognitif peserta didik,
sehingga mengoptimalkan hasil belajar baik hasil belajar kognitif,
afektif maupunpsikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemahaman konsep dan KPS peserta didik setelah diterapkannya strategi
POE dengan metode Learning Journals. Penelitian ini adalah penelitian
Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Mataram
Semarang yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampling menggunakan
teknik sampling jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel.
Kelas VII A dan VII B sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII C
sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kelompok
eksperimen memiliki peningkatan pemahaman konsep yang lebih tinggi
dibandingkan kelompok kontrol. Hal tersebut terlihat dari hasil uji
t-tes yang diperoleh yaitu thitung > ttabel, thitung sebesar 2,09 dan
ttabel sebesar 1,98. KPS kelompok eksperimen lebih baik daripada
kelompok kontrol. Hal tersebut dapat dilihat dari N-Gain hasil tes KPS
menunjukkan kelompok eksperimen ratarata memiliki peningkatan sebesar
0,51 dengan kategori sedang. Dan hasil uji ttest skor observasi KPS
dengan thitung 3,33 > ttabel 1,98. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penerapan strategi POE dengan metode learning journals
dapat meningkatkan pemahaman konsep dan KPS dari peserta didik
0 comments:
Post a Comment