Abstract
Pendidikan
merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan individu yang
diharapkan mampu memberikan pengaruh positif dalam mengarahkan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang produktif, terampil, dan mandiri. Perkembangan
iptek dalam era globalisasi semakin canggih, penyebaran informasi
semakin cepat dengan adanya fasilitas internet di sekitar kampus dapat
dimanfaatkan secara maksimal yang diaplikasikan pada media pembelajaran
berbasis blog. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh
media pembelajaran berbasis blog terhadap hasil belajar mata kuliah
pelengkap busana pada mahasiswa program studi pendidikan tata busana dan
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran berbasis
blog terhadap hasil belajar mata kuliah Pelengkap Busana pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Tata Busana. Populasi penelitian ini adalah
mahasiswa tahun ajaran 2014/2015 Program Studi Pendidikan Tata Busana
jurusan PKK FT Unnes yang sedang menempuh mata kuliah Pelengkap Busana
sebanyak 2 kelas yang berjumlah 34 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah random sampling dan diperoleh rombel 2
sebagai kelas eksperimen yang akan diberi pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran berbasis blog. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil
belajar mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Analisis data
menggunakan uji t. Hasil uji validitas media yang dilakukan oleh 3 orang
expert menyatakan bahwa media layak digunakan dalam penelitian dengan
persentase rata – rata 86,11%. Peningkatan hasil belajar mahasiswa yang
dihitung menggunakan gain score adalah sebesar 0,43. Hasil analisis uji t
yang diperoleh
0 comments:
Post a Comment