Abstract
Disiplin
bagi warga belajar berguna melatih, mendidik dan mengatur belajar
secara teratur. Artinya kedisiplinan sangat diperlukan dalam usaha
meningkatkan prestasi dalam belajar karena sifatnya yang mengatur dan
mendidik. Perilaku tidak disiplin seperti datang terlambat, tidak
menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak mematuhi jadwal belajar dapat
menjadikan pengajaran tidak mencapai target yang maksimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian
hasil belajar warga belajar dan seberapa besar pengaruh kedisiplinan
terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar di Lembaga Pendidikan
Keterampilan menjahit Zeta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 24 orang. Teknik sampel
menggunakan teknik total sampling. Variable penelitian ini ada dua
yaitu, variable bebas (x) adalah kedisiplinan dengan indikator:
kepatuhan, ketertiban, ketaatan dan kesadaran, sedangkan variable
terikat (y) adalah pencapaian hasil belajar dengan indikator aktifitas
belajar dan tes praktek keterampilan menjahit. Teknik pengambilan data
menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas
menggunakan product moment dan Alpha Cronbach. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas warga belajar memiliki
usia 20- 30 tahun sebesar 58,33%, tingkat pendidikan SMP sebesar 50%,
pekerjaan adalah ibu rumah tangga sebesar 58,33% dan semua warga belajar
bertempat tinggal di dalam kota. Hasil uji hipotesis menunjukkan
koefisien regresi sebesar 0,353dan diperoleh terhitung 6.142 dengan
nilai signifikansi 0,00< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Yang berarti bahwa kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar di LPK Zeta diterima.
Besarnya pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian hasil belajar warga
belajar dengan kontribusi sebesar 63,2 % selebihnya (36,8%) dari faktor
lain di luar variabel yang diteliti tersebut. Simpulan dari penelitian
ini adalah adanya pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian hasil
belajar warga belajar di Lembaga Pendidikan Keterampilan menjahit Zeta.
Saran bagi warga belajar untuk lebih menaati semua aturan yang berlaku
dan bersungguh-sungguh dalam pembelajaran di LPK Zeta dan bagi warga
belajar untuk lebih berani bertanya dan berpendapat pada saat diskusi
berlangsung.bb
0 comments:
Post a Comment