Abstract
Pembelajaran
IPA terpadu seharusnya didukung oleh beberapa hal diantaranya adanya
alat peraga IPA terpadu yang berbasis tematik karena IPA adalah
pengetahuan yang bersifat empiris. Kenyataan di MTs Al Ishlah Pulokulon,
masih sulit ditemukan adanya alat peraga IPA terpadu yang di dalamnya
benar-benar terpadu, terlebih alat peraga yang juga memadukan konsep
sains dengan konsep agama. Padahal keberadaan alat peraga ini sangat
penting demi terwujudnya pembelajaran terpadu terutama yang dapat
membantu siswa dalam memeperoleh pengetahuan secara menyeluruh bukan
hanya antar konsep IPA tetapi juga dengan konsep Fikih karena IPA dan
agama selalu berjalan beriringan sekaligus sebagai ciri khas madrasah.
Oleh karena itu, perlu dikembangkan alat peraga IPA terpadu. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui kelayakan alat peraga IPA terpadu
sundial fototropisme, keaktifan dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran menggunakan alat peraga IPA terpadu sundial fototropisme
pada tema gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D).
Penelitian diujicobakan pada kelas VIII E MTs Al Ishlah Kecamatan
Pulokulon Kabupaten Grobogan. Data non tes dianalisis secara deskriptif
persentase, sedangkan data tes dianalisis menggunakan analisis n-gain.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rerata persentase uji
kelayakan ahli media dan ahli materi secara berturut-turut sebesar
93,00% dan 95,00% yang keduanya masuk dalam kriteria sangat layak.
Rerata persentase hasil angket tanggapan kemudahan penggunaan dan hasil
observasi dalam pembelajaran secara berturut-turut sebesar 84,00% dengan
kriteria sangat baik dan 83,00% dengan kriteria sangat aktif. Ditinjau
dari tes hasil belajar terdapat peningkatan hasil pretest-posttest
dengan rerata gain siswa sebesar 0,76 yang masuk kriteria tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alat peraga IPA
terpadu sundial fototropisme pada tema gerak untuk siswa MTs yang
dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Integrated science
learning should be supported by several things including the integrated
teaching aid based integrated thematic because science is empiris
knowledge learning. Reality in MTs Al Ishlah Pulokulon, are still hard
to find the integrated science teaching aid which really integrated.
Though the existence of these materials is very important for actualize
of integrated learning, especially to encourage students’ curiosity
(inquiry). Therefore, it is necessary to develop teaching materials
integrated inquiry-based science. The aim of research to determine the
validity of teaching materials, students’ activity and learning outcomes
in learning using teaching materials integrated inquiry-based science
on the motion and health theme. The research method used is research and
development method (R&D). Research tested on 8thE class of MTs Al
Ishlah Pulokulon Grobogan. Non-test data were analyzed by descriptive
percentages, while the test data were analyzed using n-gain analysis.
Based on the results of research obtained the mean percentage of expert
validation based teaching aid and material respectively is 93,00% and
95,00% that both included in very active criteria. The mean percentage
of results of students’ questionnaires of easy to use and observations
in learning, respectively is 84,00% with very good criteria and 83,00%
with very active criteria. Terms of achievement test results are an
increase in pretest-posttest with a mean gain of students is 0,76 that
entered on high criteria. Results of this research showed that the
teaching aid sundial fototropisme integrated science in a motion theme
for student MTs are valideffective used in learning.
0 comments:
Post a Comment