Abstract
Lembar
Kerja Siswa adalah salah satu panduan siswa yang harus digunakan untuk
melakukan kegiatan penyelidikan dan pemecahan masalah, agar siswa lebih
aktif dalam belajar, maka peneliti ingin mengembangkan lembar kerja
siswa IPA Terpadu, agar siswa bisa meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang layak
digunakan berupa LKS IPA Terpadu yang berkarakter cinta lingkungan pada
tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dan untuk mengetahui
keefektifan penggunaan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu terhadap hasil
belajar siswa. Subjek dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
MTs Miftahul Huda Ketuwan. Penelitian ini menggunakan tahap penelitian
Research & Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian yang
diperoleh didapatkan data kelayakan LKS IPA Terpadu dengan rata-rata
persentase validasi pada aspek kelayakan media, kelayakan bahasa dan
kelayakan materi yang berturut-turut sebesar 87 % , 90 % , dan 90 %.
Rata-rata persentase tanggapan siswa pada skala kecil sebesar 72,98% ,
pada skala besar sebesar 85,73%, dan pelaksanaan kegiatan lapangan
sebesar 87 %. Hasil belajar siswa pada uji coba pelaksanaan kegiatan
lapangan mendapatkan persentase sebesar 85 % siswa tuntas dengan
kriteria tinggi.
0 comments:
Post a Comment