Monday, 5 December 2016

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA TERPADU BERPENDEKATAN INKUIRI PADA TEMA CAHAYA UNTUK SISWA MTs KELAS VIII

Download (5Mb)

Abstract

Pembelajaran IPA di MTs menurut Permendiknas No. 22 tahun 2006 dilaksanakan dalam bentuk IPA Terpadu. Proses pembelajaran IPA di MTs Muhammadiyah 02 Blora dilaksanakan belum terpadu, dengan alasan bahan ajar IPA Terpadu belum ada. Selama ini bahan ajar yang digunakan belum memberikan pengalaman secara langsung pada siswa sehingga banyak ditemukan hasil belajar siswa yang masih kuurang dari KKM yaitu 75. LKS IPA Terpadu berpendekatan inkuiri merupakan salah satu bahan ajar inovatif yang mengkondisikan siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tema yang digunakan dalam LKS ini adalah tema cahaya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan LKS IPA Terpadu berpendekatan inkuiri pada tema cahaya dalam proses pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Research and Development (R&D), penelitian dilakukkan di MTs Muhammadiyah 02 Blora, Desa Pelemsengir Kecamatan Todanan Kabupaten Blora pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor penilaian ahli mencapai 3,6 untuk materi, 3,5 untuk bahasa, dan 3,5 untuk media. Persentase keterbacaan LKS pada uji coba terbatas mencapai 91,25% (sangat layak) dan tanggapan penggunaan LKS oleh siswa mencapai 90,83%. Hasil posttest menggunakan LKS menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 81,5%, uji gain merperoleh skor 0,67. Disimpulkan bahwa LKS IPA Terpadu Berpendekatan Inkuiri Pada Tema Cahaya layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver