Abstract
Penelitian
ini dilakukan di SMP Negeri 36 Semarang. Hasil observasi menunjukkan
bahwa masih banyak siswa yang mempunyai nilai rendah dibawah KKM yaitu
73. Permasalahan lain yang ada yaitu kurang aktifnya siswa didalam
proses pembelajaran. Ketidakaktifan siswa dikarenakan pembelajaran IPA
masih menggunakan pembelajaran teacher center. Pada penelitian ini
proses pembelajaran akan menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) berbantuan fotonovela. Pada setiap pertemuan siswa akan
membuat proyek fotonovela yang terkait dengan pemanasan global.
Pembuatan proyek fotonovela dilakukan siswa secara berkelompok, hal
tersebut diharapkan dapat membuat siswa menjadi aktif dalam
pembelajaran.Tahapan dalam model PjBL berbantuan fotonovela juga
diharapkan dapat mempermudah siswa memahami proses pemanasan global
sehingga siswa mendapatkan nilai tinggi diatas KKM. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran PjBL berbantuan
fotonovela dengan hasil belajar siswa dan hubungan pembelajaran PjBL
berbantuan fotonovela dengan sikapsains siswa. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design.Subyek pada
penelitian adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII F sebagai kelas kontrol.Hasildari penelitian ini terdapat hubungan
antara model pembelajaran PjBL berbantuan fotonovela dengan hasil
belajar siswa sebesar 0,64816. Nilai korelasi tersebut diartikan
terdapat hubungan linier sempurna yang dikategorikan kuat. Analisis
hubungan antara model pembelajaran PjBL berbantuan fotonovela terhadap
sikap sains siswa sebesar 0,4068 diartikan terdapat hubungan linier yang
sempurna yang dikategorikan cukup.
0 comments:
Post a Comment