Abstract
Media
pembelajaran IPA terpadu berbasis elektronik merupakan multimedia
berbasis komputer yang menyajikan materi pembelajaran tema cahaya yang
ditunjang dengan gambar, video, animasi, simulasi dan latihan soal untuk
kegiatan pembelajaran IPA terpadu kelas VIII di laboratorium komputer.
Pengalaman penulis sebagai guru IPA di MTs Ma‟arif 1 Blora, bahwasanya
belum pernah dilaksanakan kegiatan pembelajaran IPA terpadu. Kegiatan
pembelajaran IPA masih terpisahkan antar bidang kajian fisika, biologi,
kimia dan ilmu pengetahuan bumi dan antariksa. Guru sudah menggunakan
media seperti tayangan video dan powerpoint melalui LCD projector dan
belum mengoptimalkan laboratorium komputer yang keberadaannya sudah
memadai. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran IPA
terpadu berbasis elektronik yang memanfaatkan komputer sebagai penunjang
multimedia. Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD)
dengan tahapan 1) tahap studi pendahuluan 2) tahap pengembangan 3) tahap
implementasi. Hasil validasi oleh ahli media menyatakan sangat layak
dengan persentase 89,00%, ahli materi menyatakan layak dengan persentase
80,00% dan guru IPA menyatakan sangat layak dengan persentase 94,00%.
Pada tahapan implementasi produk, 79,00% siswa memiliki aktivitas sangat
tinggi dan 21,00% memiliki aktivitas tinggi, siswa yang memperoleh
nilai 75 sebanyak 94,00% dengan nilai rata-rata kelas 84,71. Media
pembelajaran IPA terpadu berbasis elektronik materi kelas VIII tema
cahaya yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran
IPA terpadu.
0 comments:
Post a Comment