Abstract
Tuntutan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah mengajak siswa aktif dalam
pembelajaran dan guru sebagai fasilitator harus mampu mendesain
pembelajaran yang menarik. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan
menerapkan outdoor learning process berbantu puzzle blocks materi
ekosistem untuk meningkatkan aktivitas belajar dan sikap peduli
lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
aktivitas belajar siswa, sikap peduli lingkungan serta pemahaman konsep
siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan
bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa SMP N 10 Magelang kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan
kelas VIID,VIIE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel
cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, metode penilaian sikap (skala psikologi), metode tes dan
metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan n-gain dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan outdoor learning berbantu
puzzle blocks dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sikap peduli
lingkungan dan pemahaman konsep siswa juga meningkat seiring peningkatan
aktivitas yang diperoleh kelas eksperimen.
0 comments:
Post a Comment