Monday, 5 December 2016

PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS BERBANTU PUZZLE BLOCKS MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Download (3479Kb)

Abstract

Tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah mengajak siswa aktif dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator harus mampu mendesain pembelajaran yang menarik. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan outdoor learning process berbantu puzzle blocks materi ekosistem untuk meningkatkan aktivitas belajar dan sikap peduli lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, sikap peduli lingkungan serta pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 10 Magelang kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIID,VIIE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode penilaian sikap (skala psikologi), metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan n-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan outdoor learning berbantu puzzle blocks dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa juga meningkat seiring peningkatan aktivitas yang diperoleh kelas eksperimen.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver