Abstract
PENINGKATAN KEAKTIFAN DALAM KBM DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
MELALUI PEMBELAJARAN TEKNIS MENCARI PASANGAN (MAKE A MATCH)
DI SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2010/2011
Oleh
Nurul Inayah
NIM. 07520241033
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran kooperatif teknis Make a Match dalam meningkatkan keaktifan
siswa kelas XI KJ B SMK Negeri 1 Sedayu pada mata diklat Kompetensi
Kejuruan Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung
jaringan. (2) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif teknis
Make a Match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI KJ B SMK
Negeri 1 Sedayu pada mata diklat Kompetensi Kejuruan Mendiagnosis
permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan. Dua pertanyaan
penelitian diajukan dan berhubungan dengan kedua tujuan penelitian tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 3 siklus, setiap siklusnya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek
penelitian adalah kelas XI TKJ B pada semester ganjil SMK Negeri 1 Sedayu
tahun pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan,
tes hasil belajar, teknis dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data
yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan
analisis tes hasil belajar. Kriteria keberhasilan yang diterapkan dalam
pembelajaran kompetensi kejuruan mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC
yang tersambung jaringan pada tingkat keaktifan siswa sekurang-kurangnya 75%
dari jumlah siswa yang memiliki tingkat keaktifan antara 16 – 21 dari total
indikator keaktifan yang diamati. Sedangkan untuk tingkat prestasi kriteria
keberhasilan yang digunakan nilai seluruh siswa mencapai KKM (75).
Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode
pembelajaran teknis Make a Match, keaktifan dan prestasi belajar peserta didik
mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan dapat dilihat dari aspek
memberikan ide/pendapat, menerima pendapat, menanggapi pendapat,
melaksanakan tugas, keikutsertaan dalam kelompok, dan keikutsertaan dalam
presentasi hasil belajar dari siklus I sampai siklus III secara total mengalami
peningkatan. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajar siswa dapat dilihat dari
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari pre-test sampai siklus I
meningkat yaitu dari 48,28 menjadi 79,56. Pada siklus II meningkat menjadi
86.18, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 91,59.
Kata kunci : Pembelajaran kooperatif teknis mencari pasangan (Make a Match),
keaktifan, prestasi belajar
0 comments:
Post a Comment