Abstract
UPAYA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN KKPI
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA KELAS X PAKET KEAHLIAN BUSANA
BUTIK DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO
Oleh :
Novita Dyah Puspitaningtyas
NIM 11520241061
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar dan motivasi belajar mata pelajaran KKPI dengan model
pembelajaran jigsaw pada kelas X paket keahlian busana butik di SMK
Negeri 6 Purworejo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kurt
Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi. Subjek dari penelitian ini ialah kelas X paket keahlian
busana butik yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada akhir
setiap siklus dilaksanakan evaluasi hasi belajar dan pengisian angket
motivasi belajar. Instrumen yang digunakan ialah angket tertutup,
observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan
dalam analisis data yaitu metode analisis deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan
motivasi belajar mata pelajaran KKPI kelas X paket keahlian Busana Butik
di SMK Negeri 6 Purworejo dengan model pembelajaran jigsaw. Hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal
sebesar 46,88% dari pra siklus sebesar 47% menjadi 90,63% pada siklus I.
Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,37% menjadi 100%.
Sedangkan untuk motivasi belajar berdasarkan observasi mengalami
peningkatan pada siklus I sebesar 40,53% dari pra siklus sebesar 31,25%
menjadi 71,78%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,92%
menjadi 87,7%. Sedangkan berdasarkan angket yang diisi oleh
siswa,motivasi belajar mengalami peningkatan sebesar 40,01% pada siklus I
dari 31,25% menjadi 71,26%. Dan pada siklus II menjadi 87,35% meningkat
16,09%.
Kata kunci : Jigsaw, hasil belajar, motivasi belajar, KKPI
0 comments:
Post a Comment