Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media dekak FPB
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Golo
Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif karena data
yang disajikan berupa angka-angka, teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis statistik inferensial guna menguji hipotesis
dengan menggunakan uji-t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta, berjumlah 49 siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design
Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan
menggunakan media dekak FPB, sedangkan kelompok kontrol menggunakan
media cetak yang berupa buku.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media dekak FPB
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Golo
Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan nilai
post-test hasil belajar matematika dimana nilai rata-rata kelompok
eksperimen sebesar 95,00 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok
kontrol sebesar 83,65. Dari perolehan nilai rata-rata pada masing-masing
kelompok dapat dinyatakan berhasil 100% dilihat dari KKM yang
ditetapkan oleh sekolah sebesar 75. Sehingga dapat disimpulkan terdapat
pengaruh penggunaan media dekak FPB terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: media dekak FPB, hasil belajar matematika
0 comments:
Post a Comment