Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, dan
keterampilan menulis cerita fiksi melalui metode eksplorasi membaca
siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri Gedongkiwo Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis
dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek
penelitian adalah
siswa kelas IVB di SD Negeri Gedongkiwo Yogyakarta tahun ajaran 2015/
2016 sebanyak 23 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan menulis
cerita fiksi.
Penelitian ini difokuskan kepada peningkatan keterampilan siswa dalam
menulis cerita fiksi setelah menerapkan metode eksplorasi membaca.
Teknik pengumpulan data menggunakan: 1)observasi, 2)tes, dan
3)dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan
keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV. Peningkatan proses
pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas siswa dan guru. Siswa menjadi
berani
menuangkan idenya, siswa menjadi gemar membaca, dan siswa menjadi
antusias dalam menulis cerita fiksi. Guru berperan aktif sebagai
fasilitator dan pembimbing siswa saat menulis cerita fiksi. Sedangkan,
peningkatan keterampilan menulis cerita fiksi dapat dilihat dari hasil
menulis siswa dari rerata 62,26 pada pra tindakan menjadi 71,33 pada
siklus I, dan menjadi 83,29 pada siklus II. Hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa metode eksplorasi membaca dapat meningkatkan proses
pembelajaran dan keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV.
Kata kunci: keterampilan menuli cerita fiksi, metode eksplorasi membaca,
siswa
kelas IV SD
0 comments:
Post a Comment