Abstract
Berdasarkan
hasil observasi oleh peneliti permasalahan yang terjadi pada mata
pelajaran TIK saat proses belajar mengajar adalah banyaknya siswa yang
kurang memahami nama ikon pada microsoft excel 2007dan banyak siswa yang
belum mencapai nilai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah
perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan kelas yang menggunakan metode
diskusi kelompok dan apakah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS
dapat menumbuhkan minat siswa. Metode penelitian ini adalah True
Experimental Design, dengan menggunakan desain penelitian
Pretest-Postest Control Group Design. Sampel yang digunakan sebanyak 38
siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan 38 siswa kelas VIII C
sebagai kelas eksperimen. Pada penelitian ini teknik penilaian
menggunakan pretest-postest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
perlakuan dan angket minat untuk mengetahui minat siswa pada mata
pelajaran TIK setelah perlakuan. Analisis instrumen penelitian terdiri
dari reliabilitas, vaiditas, tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji t test pada soal pretest
terhadap hasil belajar siswa diperoleh =1,119 dan = 1,999 sehingga kedua
kelas tidak ada perbedaan yang siginifikan, sedangkan pada pengujian
uji t test soal postest diperoleh =3,318 dan = 1,999 karena > maka
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua
kelompok sampel. Minat siswa pada kelas kontrol yaitu 68,92 sedangkan
pada kelas eksperimen yaitu 70,55. Sehingga terdapat perbedaan hasil
belajar siswa antara kelas yang menggunakan model Two Stay Two Stray dan
kelas yang menggunakan metode diskusi kelompok dan model pembelajaran
TSTS dapat menumbuhkan minat siswa. Dari hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan minat siswa pada mata
pelajaran TIK kelas VIII di MTs N 02 Semarang. Metode pembelajaran
kooperatif tipe TSTS dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran pada
mata pelajaran TIK kelas VIII di MTs Negeri 02 Semarang mengingat metode
pembelajaran tersebut dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
0 comments:
Post a Comment