Thursday, 19 October 2017

EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 WELAHAN EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 2 WELAHAN

PDF
Download (1897Kb)

    Abstract

    Pendidikan perlu dikembangkan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari masa ke masa. Hal yang dapat dilakukan ialah melakukan perbaikan mutu pendidikan yaitu membuat inovasi pada pembelajaran dengan berlandaskan kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menekankan pada pembelajaran berpusat pada siswa (student centered learning) namun observasi lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran belum berpusat pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penerapan model project based learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan sebagai wujud suatu inovasi pembelajaran. Keefektifan model PBL ditentukan oleh peningkatan hasil belajar yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian dikatakan efektif apabila siswa mengalami peningkatan pemahaman secara kognitif (ditunjukkan dengan analisis gain normalized dan ketuntasan belajar), menunjukkan sikap (afektif) yang positif dan memiliki keterampilan (psikomotor) yang baik setelah menerima pembelajaran dengan model PBL. Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Welahan Kabupaten Jepara pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 6 kelas yaitu kelas VII A – VII F. Sampel penelitian adalah kelas VII E dan VII F yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar ranah kognitif yaitu skor gain termasuk dalam kategori sedang yaitu 0,54 pada kelas VII E dengan ketuntasan 97,44% dan 0,53 pada kelas VII F dengan ketuntasan 94,87%, (2) hasil belajar ranah afektif menunjukkan bahwa siswa memiliki perilaku baik terhadap pembelajaran dengan model PBL, (3) hasil belajar ranah psikomotor menunjukkan bahwa siswa mampu melakukan aspek-aspek keterampilan PBL dengan baik, dan (4) siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model PBL. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif diterapkan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver