Thursday, 19 October 2017

EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN STRATEGI MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM GERAK DI SMP

PDF
Download (4075Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model Think Pair Share dengan strategi Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa di SMP pada materi Sistem Gerak. Desain eksperimennya Pre-Experiment Design. Populasi penelitian terdiri atas 8 kelas dengan 1 kelas sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII F sebagai kelas sampel diberi perlakuan dengan pembelajaran model Think Pair Share dengan strategi Mind Mapping. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa, afektif, psikomotorik dan data pendukung angket tanggapan siswa serta angket keterlaksanaan pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Mind Mapping yang diukur menggunakan teknik tes dan non tes. Data hasil belajar kognitif yang diperoleh kemudian diukur menggunakan uji N-gain dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata uji N-gain yaitu 0,55 dengan kategori sedang. Hasil analisis ketuntasan klasikal kelas VIII F sebesar 76,92% dari seluruh siswa lulus KKM. Hasil belajar afektif dengan kategori sangat baik dan hasil belajar psikomotorik dengan kategori sangat baik.

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver