PDF Download (1681Kb) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh soft skills terhadap hasil belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh ekstrakurikuler komputer terhadap hasil belajar siswa, 3) mengetahui secara bersama-sama pengaruh soft skills dan ekstrakurikuler komputer dalam hasil belajar siswa, pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa kelas X Jurusan TOKR SMK As-Syamsuriyyah Wanasari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan TOKR SMK AsSyamsuriyyah Wanasari Brebes. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Pengujian validasi instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua. Sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Soft Skills memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi yaitu 72.2% yang diperoleh dari kuadrat rhitung dan nilai pvalue < α (5%), 2) Ekstrakurikuler komputer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai nilai koefisien determinasi yaitu 37.7% yang diperoleh dari kuadrat rhitung dan nilai pvalue < α (5%), dan 3) Secara bersamasama Soft Skills dan Ekstrakurikuler Komputer berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi yaitu 72.2% diperoleh dari kuadrat rhitung dan nilai pvalue < α (5%), pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa kelas X Jurusan TOKR SMK AsSyamsuriyyah Wanasari. Soft skills diharapkan dapat ditingkatkan atau dipertahankan dalam pembelajaran di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler perlu ditingkatkan intensitas pelaksanaan dan materi yang disampaikan.
0 comments:
Post a Comment