Saturday 21 October 2017

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK POKOK BAHASAN PENGGUNAAN DASAR INTERNET/INTRANET DI SMP N 1 KALIWUNGU

PDF
Download (11Mb)

    Abstract

    Elvi sukesih. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Pengenalan Dasar Internet/Intranet di SMP N 1 Kaliwungu. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Drs. Henry Ananta, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar. Tuntutan masyarakat sekarang yang semakin meningkat terhadap dunia pendidikan sejalan dengan perkembangan jaman. Tuntutan tersebut bertujuan untuk menghadapi era globalisasi yang semakin membutuhkan sumber daya manusia yang bekualitas. Sekarang banyak pengelola institusi yang mencoba menerapkan pendekatan pembelajaran yang terpusat pada siswa (learned centered/ student centered). Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran TIK pokok bahasan penggunaan dasar internet di SMP N 1 Kaliwungu dihadapkan pada kurangnya siswa dalam mengeksplore kemampuan diri, kerjasama antar siswa, dan pengetahuan yang didapat siswa hanya sebatas yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran yang diajarkan oleh guru menggunakan model pembelajaran langsung yang bersifat teacher centered yaitu berpusat pada guru dan yang didapat oleh siswa hanya sebatas yang disampaikan oleh guru. Dengan latar belakang tersebut maka peneliti mengambil topik skripsi pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu efektifkah model pembelajaran berbasis proyek terhadap mata pelajaran TIK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen Nonequivalent (pretest posttest) control group design, sampel penelitian diambil acak enam kelas (180 siswa) meliputi IX A,C,E (kelas eksperimen) dan IX B,D,F (kelas kontrol) dari populasi delapan kelas (240 siswa). Hasil penelitian didapatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek nilai rata-rata hasil belajar 78,40 mengalami peningkatan sebesar 41,90% dengan ketuntasan belajar mencapai 87,77% (Efektif), dibandingkan kelas yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol) nilai rata-rata hasil belajar hanya 62,29 peningkatan 27,52% dengan ketuntasan belajar hanya 41,11% (Tidak Efektif). Berdasarkan hasil paparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah (konvensional).

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver