Thursday 19 October 2017

PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP PHOTOSHOP ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE BRAINSTORMING DAN METODE TANYA JAWAB

PDF
Download (2087Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming dan metode tanya jawab pada siswa kelas X Jurusan RPL di SMKN 10 Semarang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pre test post control group design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan rekayasa perangkat lunak di SMKN 10 Semarang.Subjek penelitian yaitu kelas X RPLI sebagai kelas kontrol dan X RPL II sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-gain.Dari hasil perhitungan gain diketahui bahwa peningkatan penguasaan konsep photoshop siswa pretest dan posttest kelompok eksperimen yang menggunakan metode brainstorming sebesar 5,333 dan kelompok kontrol yang menggunakan metode tanya jawab sebesar 4,969 dan t tabel sebesar 2,025. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan yang signifikan antara pretestdan posttest masing-masing kelompok. Untuk hasil uji thitung(6,54) lebih besar dari ttabel (1,99). Besarnya peningkatan pemahaman konsepyang diukur dengan N-gain juga menunjukkan kedua kelas berada pada kriteria sedang, pada kelas eksperimen (0,54) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (0,31). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep photoshop yang menggunakan metode brainstorming dan metode tanya jawab.

    0 comments:

    Post a Comment

     
    Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver