Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan dan pengembangan
yang dilakukan di PT. Astra International Tbk.-Honda Yogyakarta demi
meningkatkan kualitas pelayanannya. Data diperoleh secara langsung dari pihak
yang bersangkutan yakni bagian Technical Service PT. Astra International Tbk.-
Honda Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan wawancara sebagai metode
pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kualitas pelayanan diraih
dengan diselenggarakannya pelatihan dan pengembangan. Pelatihan dan
pengembangan yang diselenggarakan adalah Operation Training yang terbagi
menjadi empat jenis yaitu: (1) Technical Service Level 1, (2) Technical Service
Level 2, (3) Technical Service Level 3, (4) Service Advisor Training. Indikator
pelatihan dan pengembangan yang diberikan sesuai dengan standar kualitas
pelayanan di PT. Astra International Tbk.-Honda Yogyakarta, yaitu (1) aspek
psikomotor yang terdiri dari uji teori dan uji praktek, (2) aspek afektif yang terdiri
dari keterampilan, kedisiplinan, inisiatif, kebersihan, dan kerjasama.
0 comments:
Post a Comment