SKRIPSI
(PENDIDIKAN MATEMATIKA)
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “3 IN 1” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX DI SMP NEGERI 13 SEMARANG
Abstract
Sebagian
besar peserta didik SMP kesulitan dalam memahami konsep yang bersifat
abstrak. Hasil belajar materi kesebangunan peserta didik kelas IX SMP N
13 Semarang Tahun 2010/2011 masih banyak yang belum mencapai KKM.
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan
menggunakan media ”3 In 1” merupakan salah satu alternatif yang dapat
dilakukan untuk membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dan
membantu peserta didik dalam berpikir secara abstrak sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi kesebangunan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar
peserta didik yang diterapkan model pembelajaran ekspositori dengan
menggunakan media “3 In 1” lebih baik dari model pembelajaran
ekspositori dan (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran
matematika model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan
menggunakan media “3 In 1” lebih baik dibandingkan model pembelajaran
ekspositori dengan menggunakan media “3 In 1” dan model pembelajaran
ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX
SMP Negeri 13 Semarang. Dengan teknik random sampling terpilih tiga
kelas sampel yaitu kelas IX F sebagai kelas eksperimen 1, IX E sebagai
kelas eksperimen 2, dan kelas kelas IX G sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data
menggunakan uji kesamaan rata-rata satu pihak (pihak kanan), analisis
varians satu arah (anava), dan uji lanjut Tukey-Kramer. Berdasarkan
hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah
80,93, kelas eksperimen 2 adalah 70,49, dan kelas kontrol 60,04.
Berdasarkan hasil analisis uji kesamaan rata-rata satu pihak (pihak
kanan) menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2
lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis anava
dan diuji lanjut dengan Tukey-Kramer menunjukkan bahwa hasil belajar
kelas eksperimen 1 lebih baik dibandingkan kelas eksperimen 2 maupun
kelas kontrol. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran TGT dengan menggunakan media “3 In 1” efektif terhadap
hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 13 Semarang pada materi
kesebangunan.
0 comments:
Post a Comment