SKRIPSI
(PENDIDIKAN MATEMATIKA)
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEAsDENGAN MENGINTEGRASIKAN NKB TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY PADA SISWA KELAS X
Abstract
Salah
satu ketrampilan proses yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses
pembelajaran matematika menurut National Council of Teacher Mathematics
(NTCM) (2000) adalah kemampuan representasi matematis. Selain itu, perlu
adanya peningkatan kepercayaan diri (self-efficacy) dalam pembelajaran
matematik, hal ini dikarenakan motivasi dalam diri sangatlah dibutuhkan
dalam proses pembelajaran matematika sehingga siswa dapat mengenal
kemampuannya sendiri dan menggabungkan informasi-informasi yang
diperolehnya sehingga utuh dan maksimal dalam pembelajaran matematika.
Disamping kemampuan intelektual siswa, perlu juga diintegrasikan Nilai
Karakter Bangsa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini
adalah (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran MEAs dengan integrasi
NKB mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun
klasikal, (2) apakah kemampuan representasi matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB lebih baik daripada
pembelajaran dengan model ekspositori, (3) apakah self-efficacy siswa
dengan pembelajaran MEAs diintegrasikan NKB lebih baik daripada siswa
yang memperoleh model ekspositori. Metode Penelitian yang digunakan
menggunakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas X SMA Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2012/2013. Dengan
teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas X-2
sebagai kelas eksperimen dengan model MEAs dan kelas X-1 sebagai kelas
kontrol dengan model ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
berdasarkan hasil tes kemampuan representasi matematis diperoleh 24 dari
26 siswa atau sebanyak 92,31% > 75% dari KKM yang ditentukan, (2)
rata-rata representasi matematis kelas eksperimen (81,31) lebih baik
daripada rata-rata kelas kontrol (62,1), (3) rata-rata kemampuan
self-efficacy kelas eksperimen (96,92) lebih baik daripada rata-rata
kelas kontrol (61,76). Simpulan yang diperoleh: (1) pembelajaran MEAs
dengan integrasi NKB mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara
individual maupun klasikal, (2) kemampuan representasi matematis siswa
yang memperoleh pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB lebih baik dengan
model ekspositori pembelajaran konvensional, dan (3) self-efficacy
siswa yang memperoleh pembelajaran MEAs dengan integrasi NKB lebih baik
daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori.
0 comments:
Post a Comment