SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
STUDI EKSPLORASI PEMBELAJARAN TAHUN KE-4 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG
ABSTRAK
SMK Negeri 7 Semarang dengan masa studi 4 tahun menggunakan kurikulum
KTSP Spektrum 2008. Pada pembelajaran tahun ke-4 terdiri dari Praktik
Kerja Industri (Prakerin), pembelajaran pasca prakerin, dan Ujian
Praktik Kejuruan (UPK). Identifikasi masalah yang akan dikaji dalam
penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran tahun ke-4 Jurusan Teknik
Elektronika Industri di SMK N 7 Semarang. Adapun tujuan penelitian ini
adalah mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran tahun ke-4
Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 7 Semarang. Batasan
masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kurikulum apa yang
digunakan di SMK Negeri 7 Semarang, pelaksanaan pembelajaran pada tahun
ke-4, dan efektivitas pembelajaran tahun ke-4. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri
7 Semarang. Sumber penelitian adalah SMK Negeri 7 Semarang dengan
sumber informan dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi,
angket dan dokumentasi.Hasil penelitian melalui observasi
non-sistematis, angket, wawancara serta dokumentasi. Dari hasil
penelitian peneliti menemukan efektivitas dari pembelajaran tahun ke-4
yang didapat dari kuesioner serta angket dari para siswa jurusan Teknik
Elektronika Industri dan para guru serta perwakilan dari salah satu
industri yang peneliti wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP
spektrum 2008 yang setiap tahunnya dievaluasi oleh sekolah. Kegiatan
pada tahun ke-4 meliputi prakerin, pembelajaran pasca prakerin dan UPK.
Pembelajaran pasca prakerin meliputi 4 mata pelajaran yaitu Melaksanakan
pemeliharaan peralatan elektronika sistem pengendali elektronika,
Merakit peralatan dan perangkat elektronika sistem pengendali
elektronika, Melaksanakan pemeliharaan peralatan sistem otomasi
elektronika, Merakit peralatan dan perangkat elektronik dan sistem
otomasi elektronika. Tahun ke-4 dikatakan efektif karena sudah sesuai
dengan tujuan tiap mata pelajaran tersebut dan tujuan dari SMK. Selain
itu diukur juga dari presentase tamatan siswa jurusan Teknik Elektronika
Industri yang terjun ke industri atau berwirausaha.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment