SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KERJASAMA ANAK DALAM BERMAIN ANGIN PUYUH (Penelitian Tindakan Kelas Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang Tahun ajaran 2012/2013)
ABSTRAK
Keterampilan sosial dan kerjasama anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari
08 kurang maksimal, berdasarkan pengamatan tersebut peneliti menemukan
ide, gagasan atau rencana untuk melakukan penelitian tindakan kelas
dengan menggunakan kegiatan permainan angin puyuh di TK Kemala
Bhayangkari 08 dalam pegembangan keterampilan sosial dan kerjasama anak.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yang pertama adalah
apakah permainan angin puyuh dapat meningkatkan keterampilan sosial dan
kerjasama anak melalui kerjasama?. Permasalahan yang kedua adalah apakah
faktor pendukung dan kendala dari permainan angin puyuh dalam
meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak di TK Kemala
Bhayangkari 08?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan
keterampilan sosial dan kerjasama anak dalam bermain angin puyuh dan
faktor pendukung dan kendala dari permainan angin puyuh dalam
meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak di TK Kemala
Bhayangkari 08. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di TK Kemala
Bhayangkari 08 Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas
tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data
kuantitatif dan kualititatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai
berikut : meningkatnya keterampilan sosial dan kerjasama anak lebih dari
80% dan kenerja guru minimal Baik yaitu dengan presentase 3,00. Dari
analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil kemampuan keterampilan
sosial dan kerjasama anak dalam bermain angin puyuh adalah 45% dengan
kategori sangat kurang, kemudian dilanjutkan perbaikan ke siklus II dan
hasil penelitian meningkat sebesar 70% dengan kategori cukup. Untuk
lebih memaksimalkan keterampilan sosial dan kerjasama anak melalui
bermain angin puyuh, peneliti melanjutkan perbaikan ke siklus III dengan
peningkatan sangat baik menjadi 90%. Berdasarkan dari hasil penelitian
peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain angin puyuh di TK Kemala
Bhayangkari 08 dapat meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama anak
dan juga meningkatkan kinerja guru. Berdasarkan dari hasil penelitian
dapat disarankan untuk menggunakan permainan angin puyuh dalam
memberikan pembelajaran terutama untuk meningkatkan keterampilan sosial
dan kerjasama pada anak usia dini.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment