SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR)
MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG MELAYANG DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN 2012
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran
permainan sepak bola gawang melayang dalam penjasorkes pada siswa kelas
VI MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang tahun 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk
berupa model pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang dalam
penjasorkes pada siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan kecamatan Sedan
kabupaten Rembang tahun 2012. Metode pengembangan ini adalah penelitian
pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall
yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan
pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka.
(2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan Sepak
bola gawang melayang). (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu
ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil,
dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian
dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil
dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (12 siswa). Revisi ini
digunakan untuk perbaikan tehadap produk awal yang dibuat oleh peneliti.
(5) Uji coba lapangan (29 siswa). (6) Revisi produk akhir yang
dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7) Hasil akhir model
pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang bagi siswa kelas VI MI
Hidayatus Shibyan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh
dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji
kelompok kecil (12 siswa putra MI Hidayatus Shibyan), dan uji coba
lapangan (29 siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan).Data berupa hasil
penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan
hasil pengisian kuesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik,
kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji
coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 94,6 % (sangat
baik), ahli pembelajaran I 96 % (sangat baik), ahli pembelajaran II 90,6
% (sangat baik), uji coba skala kecil 76,8 % (baik), dan uji coba
lapangan 93,7 % (sangat baik). Model pembelajaran ini dapat diterima
oleh siswa berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata 95,9 % yang
termasuk dalam kategori (sangat baik), sehingga model ini dapat
digunakan. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang ini dapat digunakan
bagi siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan kecamatan Sedan kabupaten
Rembang tahun 2012. Saran yang diajukan adalah (1) model pembelajaran
permainan sepak bola gawang melayang dapat digunakan sebagai alternatif
penyampaian materi pembelajaran sepak bola untuk Siswa SD/MI, karena
sesuai dengan karakteristik siswa dan sarana prasarana di sekolah. (2)
bagi Guru penjas, diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran yang
lebih menarik dan lebih variatif lagi untuk pembelajaran sepak bola
disekolah, sehingga pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang
lebih efektif dan menyenangkan.
Dwonload file lengkap klik disini
Download skripsi lainnya klik disini
0 comments:
Post a Comment