SKRIPSI
(PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMKN 4 SEMARANG
ABSTRAK
Pendidikan mempunyai peran penting dalam menciptakan masyarakat yang
cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Selain peningkatan pemahaman dan
kesiapan pendidik terhadap pelaksanaan kurikulum yang berlaku,
penggunaan metode yang tepat serta optimal merupakan jalan yang dapat
membawa perubahan pembelajaran yang lebih baik. Penggunaan media
pembelajaran yang berupa multimedia dalam proses belajar diharapkan
siswa akan lebih tertarik perhatiaanya dalam mengikuti pelajaran, karena
pada dasarnya konsep dari media pembelajaran adalah bagaimana membuat
siswa merasa nyaman, tertarik, dan berinteraktif dalam proses belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran elektronik
berbasis animasi untuk mata pelajaran Dasar Elektronika program keahlian
Teknik Audio Video pada SMK Negeri 4 Semarang. Metode penelitian yang
digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan teknik
pengumpulan data Angket dan Observasi yang digunakan untuk mengetahui
apakah media pembelajaran layak digunakan sebagai sarana pendukung
proses pembelajaran pada mata pelajaran dasar elektronika program
keahlian Teknik Audio Video pada SMK Negeri 4 Semarang. Metode analisis
data menggunakan metode deskriptif prosentase. Uji coba yang telah
dilakukan kepada dosen ahli media didapatkan prosentase keseluruhan
92.59% dengan rincian kriteria pendidikan 90.27%, kriteria tampilan
program 91.67%, dan kriteria kualitas teknis 95.83%, menurut guru
didapatkan prosentase keseluruhan 86.36% dengan rincian kriteria
pendidikan 91.67%, kriteria tampilan program 84.09%, dan kriteria
kualitas teknis 83.33%. Hasil observasi siswa keseluruhan didapatkan
86.04% dengan rincian tanggapan siswa didapatkan 85.97%, dan sikap siswa
didapatkan 86.11%. Hasil perbandingan nilai rata-rata didapatkan
pembelajaran tanpa media 73.83 % dan dengan menggunakan media 79.80 %.
Media pembelajaran yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh para
validator yang terdiri dari dosen ahli media dan guru. Dosen ahli media
maupun guru menilai bahwa kelayakan media pembelajaran ini terletak pada
kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media
pembelajaran efektif digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran
mata pelajaran dasar elektronika kejuruan teknik audio video pada SMK
Negeri 4 Semarang. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Mata Pelajaran
Dasar Elektronika Di SMK Negeri 4 Semarang.
Download skripsi lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment