SKRIPSI
(PENDIDIKAN AKUTANSI)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar
akuntansi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran
2014/2015 pada standar kompetensi Menyusun Laporan Keuangan melalui
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match. Penelitian ini
bersifat partisipatif dan kolaboratif, yaitu peneliti sebagai pengamat dan guru mata
pelajaran sebagai pelaksana tindakan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research-CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015
sebanyak 17 siswa. Setiap siklus terdiri dari dari empat tahap kegiatan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I
dilaksanakan dalam 3 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 pertemuan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, pedoman observasi, angket dan
catatan lapangan. Teknik Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dan deskriptif kuantitatif dengan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh peningkatan
motivasi dan peningkatan prestasi belajar ranah kognitif. Rata-rata skor motivasi
berdasarkan hasil observasi meningkat sebesar 14,04% dengan rata-rata siklus I
sebesar 64,88% dan siklus II sebesar 78,92%. Peningkatan skor motivasi
berdasarkan hasil angket, yaitu sebesar 4,99% dengan rata-rata siklus I sebesar
72,48% dan siklus II sebesar 77,47%. Hal ini juga diikuti peningkatan prestasi
belajar yang ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata nilai kelasdan
persentase ketuntasan sesuai KKM. Rata-rata nilai kelas meningkat sebesar 5,92
dengan rata-rata nilai post test siklusI sebesar 64,75 dan rata-rata nilai post test
siklus II sebesar 70,67. Persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 36,37%
dengan persentase ketuntasan hasil post test siklus I sebesar 50% dan persentase
ketuntasan hasil post test siklus II sebesar 86,67%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a
Match dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas X
AK SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci:Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Motivasi Belajar,
Prestasi Belajar.
Download file lengkap klik disini
0 comments:
Post a Comment