SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DALAM BENTUK VCD INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII.
ABSTRAK
Media pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
termasuk pada aspek menulis puisi. Terbatasnya ketersediaan media
pembelajaran yang sesuaimengakibatkan lemahnya kompetensi siswa dalam
menulis puisi. Media pembelajaran menulis puisi yang ada masih sebatas
media konvensional dan kurang berkualitas seperti gambar atau foto. Hal
ini menyebabkan siswa cenderung jenuh, bosan, dan tidak terinspirasi.
Media pembelajaran yang berkualitas adalah media yang selain mampu
meningkatkan kompetensi siswa juga dapat melatih mereka untuk
mengembangkan kreatifitas dan menanamkan nilai-nilai positif seperti
pendidikan karakter. Media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD
interaktif berbasis pendidikan karakter berpotensi memberikan kontribusi
dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Permasalahan yang
dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan media
pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis
pendidikan karakter yang sesuai dengan permasalahan serta kebutuhan guru
dan siswa SMP kelas VII, (2) bagaimanakah prototipe media pembelajaran
menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter
yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan guru dan siswa SMP kelas
VII (3) Bagaimanakah saran dan penilaian ahli terhadap media
pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD interaktif berbasis
pendidikan karakter yang sesuai dengan permasalahan dan kebutuhan guru
dan siswa SMP kelas VII, (4) Bagaimanakah hasil perbaikan media
pembelajaran menulis puisi berbentuk VCD interaktif berbasis pendidikan
karakter untuk SMP kelas VII setelah memperoleh penilaian dan saran dari
para ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and
development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap, yaitu (1)
potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4)
validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) deskripsi hasil penilaian.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk
memperoleh data kebutuhan pengembangan media pembelajaran menulis puisi
dalam bentuk VCD interaktif berbasis pendidikan karakter untuk SMP kelas
VII. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskrisptif
kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Setelah penelitian
dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) kebutuhan siswa dan guru
terhadap pengembangan media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD
interaktif berbasis pendidikan karakter, meliputi: (a) materi yang
memiliki nilai relevansi dengan kehidupan sosial siswa; (b) memiliki
sisipan nilai-nilai pendidikan karakter yang secara tidak langsung
menuntun dan menasihati siswa dalam bertingkah laku; (c) bersifat
interaktif; dan (d) seperangkat media pembelajaran ini terdiri atas
tampilan awal VCD interaktif yang memuat judul, standar kompetensi, dan
kompetensi dasar. Selain itu, dilengkapi dengan petunjuk penggunaan VCD
interaktif sehingga memudahkan siswa untuk menggunakannya. Tidak hanya
itu, materi menulis puisi dilengkapai dengan penerapan menggunakan
berbagai macam teknik menulis puisi, motivasi untuk menjadi penulis
puisi, latihan menulis puisi berbantu slide gambar dan musik instrumen,
serta evaluasi berbentuk pilihan ganda yang dapat menguji pemahaman
siswa. Media pembelajaran tersebut diharapkan mempermudah siswa dalam
memahami materi dan meningkatkan keterampilan mereka dalam kegiatan
menulis puisi, dan (3) hasil penilaian yang diberikan oleh guru dan
ahli, dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) pada aspek sampul dan label
VCD interaktif, nilai rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 86,2
dan dari ahli sebesar 80; (b) pada aspek materi nilai yang diperoleh
dari guru sebesar 92,47 dan dari ahli 88,75; (c) pada aspek pendidikan
karater nilai yang diperoleh dari guru sebesar 94,77 dan dari ahli
66,07; (d) pada aspek visual nilai yang diperoleh dari guru 97,2 dan
dari ahli 87,5; (e) pada aspek tulisan nilai yang diperoleh dari guru
sebesar 75 dan dari ahli 87,5; (f) pada aspek audio nilai yang diperoleh
dari guru sebesar 75 dan dari ahli sebesar 87,5. Saran yang
direkomendasikan peneliti adalah (1) guru bahasa Indonesia hendaknya
dapat menggunakan media pembelajaran menulis puisi dalam bentuk VCD
interaktif berbasis pendidikan karakter untuk SMP kelas VII sebagai
alternatif media yang dipakai untuk mengajarkan materi menulis puisi
karena media ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan dapat
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, (2) guru hendaknya
dapat mengarahkan siswa untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai
pendidikan karakter sejak usia dini, karena sangat berguna untuk
menentukan karakter bangsa di masa yang akan datang, dan (3) penelitian
ini masih perlu dilanjutkan guna menyempurnakan kekurangan pada media
pembelajaran interaktif tersebut serta perihal yang disebabkan
keterbatasan dalam penelitian.
0 comments:
Post a Comment