Friday, 1 May 2015

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA YANG TERDAPAT DALAM SURAT KABAR PADA SISWA KELAS VIII-F MTs NEGERI KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA YANG TERDAPAT DALAM SURAT KABAR PADA SISWA KELAS VIII-F MTs NEGERI KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013

ABSTRAK

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-F MTs Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh faktor dalam diri siswa yang merasa mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan perasaanya dalam bentuk puisi. Kesulitan yang dihadapi siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan ditandai dengan beberapa hal siswa kesulitan menemukan ide, mennembangkan ide tersebut ke dalam puisi, dan menentukan diksi yang estetik untuk puisinya karena minimnya penguasaan kosakata. Pembelajaran menulis puisi yang cenderung masih bersifat teoritis informatif, bukan apresiatif produktif juga mempengaruhi proses kraetifitas siswa kelas VII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan, sehingga mengakibatkan kemampuan apresiasi dan kemampuan produktifitas siswa kurang maksimal. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi siswa, bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa, dan perubahan sikap yang siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan setelah melalui penerapan strategi Pikir Plus dan penggunaan media gambar peristiwa yang terdapat dalam surat kabar. Tujuan dari penelitaian ini ialah mendeskripsikan proses pembelajaran menulis siswa, peningkatan menulis siswa, dan perubahan perilaku yang dialami siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap meliputi siklus I dan siklus II dengan variabel dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Pikir Plus, penggunaan media gambar peristiwa dan kemampuan menulis puisi siswa. Subjek dalam penekitian ini siswa kelas VIII-F MTs Negeri Kabupaten Pekalongan. Pengumpulan data dengan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes dalama penelitian ini berupa lembar observasi, catatan lapangan, catatan harian, wawancara, dan dokumentasi foto. Analis data dilakukan secara kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui penerapan strategi Pikir Plus dengan penggunaan media gambar peristiwa dalam surat kabar. Hasil pada siklus I meningkat sebesar 12,96 % dari nilai rata-rata kondisi awal sebesar 56,22. Hasil siklus II meningkat sebesar 10,88% dari siklus I yang memiliki nilai rata-rata sebesar 69,17 dan meningkat 23,84% dari nilai rata-rata kondisi awal sebesar 56,21%. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIII-F MTs Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan menunnjukkan perubahan yang positif siswa lebiha semanagat dan antusias terhadap pembelajaran menulis puisi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Pikir Plus dan penggunaan media gambar peristiwa dalam surat kabar dapat meningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan. Saran yang dapat peneliti simpulkan adalah Dalam penyusunan rencana pembelajaran, guru harus melakukannya dengan matang, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan dan minat siswa.

Download Skripsi Lengkap Disini
Download skripsil lainnya klik disini 

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver