SKRIPSI
(PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA)
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI PIKIR PLUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA YANG TERDAPAT DALAM SURAT KABAR PADA SISWA KELAS VIII-F MTs NEGERI KESESI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-F MTs Negeri Kesesi
Kabupaten Pekalongan masih rendah. Hal ini dikarenakan oleh faktor dalam
diri siswa yang merasa mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan
perasaanya dalam bentuk puisi. Kesulitan yang dihadapi siswa kelas
VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan ditandai dengan beberapa
hal siswa kesulitan menemukan ide, mennembangkan ide tersebut ke dalam
puisi, dan menentukan diksi yang estetik untuk puisinya karena minimnya
penguasaan kosakata. Pembelajaran menulis puisi yang cenderung masih
bersifat teoritis informatif, bukan apresiatif produktif juga
mempengaruhi proses kraetifitas siswa kelas VII-F MTs. Negeri Kesesi
Kabupaten Pekalongan, sehingga mengakibatkan kemampuan apresiasi dan
kemampuan produktifitas siswa kurang maksimal. Permasalahan yang akan
dibahas dalam penelitian ini ialah bagaimanakah proses pembelajaran
menulis puisi siswa, bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi
siswa, dan perubahan sikap yang siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi
Kabupaten Pekalongan setelah melalui penerapan strategi Pikir Plus dan
penggunaan media gambar peristiwa yang terdapat dalam surat kabar.
Tujuan dari penelitaian ini ialah mendeskripsikan proses pembelajaran
menulis siswa, peningkatan menulis siswa, dan perubahan perilaku yang
dialami siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua tahap meliputi siklus I dan siklus II dengan
variabel dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Pikir Plus,
penggunaan media gambar peristiwa dan kemampuan menulis puisi siswa.
Subjek dalam penekitian ini siswa kelas VIII-F MTs Negeri Kabupaten
Pekalongan. Pengumpulan data dengan teknik tes dan nontes. Instrumen
nontes dalama penelitian ini berupa lembar observasi, catatan lapangan,
catatan harian, wawancara, dan dokumentasi foto. Analis data dilakukan
secara kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keterampilan menulis siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi
Kabupaten Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi
melalui penerapan strategi Pikir Plus dengan penggunaan media gambar
peristiwa dalam surat kabar. Hasil pada siklus I meningkat sebesar 12,96
% dari nilai rata-rata kondisi awal sebesar 56,22. Hasil siklus II
meningkat sebesar 10,88% dari siklus I yang memiliki nilai rata-rata
sebesar 69,17 dan meningkat 23,84% dari nilai rata-rata kondisi awal
sebesar 56,21%. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIII-F MTs
Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan menunnjukkan perubahan yang positif
siswa lebiha semanagat dan antusias terhadap pembelajaran menulis puisi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Pikir Plus dan
penggunaan media gambar peristiwa dalam surat kabar dapat meningkatan
keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII-F MTs. Negeri Kesesi
Kabupaten Pekalongan. Saran yang dapat peneliti simpulkan adalah Dalam
penyusunan rencana pembelajaran, guru harus melakukannya dengan matang,
terutama yang berkaitan dengan kebutuhan dan minat siswa.
0 comments:
Post a Comment