SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN GISIKDRONO 03 SEMARANG
ABSTRAK
Pembelajaran IPA di kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang kurang optimal
karena guru kurang maksimal dalam penggunaan media/alat peraga, siswa
kesulitan menguasai materi yang diajarkan guru karena tidak disertai
demonstrasi secara bertahap, guru tidak memberikan penguatan dan
motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah melalui
penerapan model Direct Instruction dengan media audio visual dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Gisikdrono 03
Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan
hasil belajar melalui penerapan model Direct Instruction dengan media
audio visual kelas IVB SDN Gisikdrono 03 Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus
penelitian. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN
Gisikdrono 03 Semarang. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas IVB sebanyak 35 siswa, tetapi pengamatan aktivitas siswa
difokuskan pada 12 siswa dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, observasi dan catatan lapangan. Variabel penelitian ini
adalah (1) keterampilan guru, (2) aktivitas siswa dan (3) hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada
siklus I mendapatkan skor 35 kategori baik, siklus II meningkat dengan
skor 36 kategori sangat baik dan siklus III skor 40 kategori sangat
baik.(2) aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 22
kategori baik, siklus II meningkat dengan skor rata-rata 26 kategori
baik dan siklus III skor rata-rata 30,6 kategori sangat baik.(3) hasil
belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal sebesar 63%,
siklus II meningkat ketuntasan klasikal sebesar 77% dan siklus III
ketuntasan klasikal sebesar 88%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator
keberhasilan yang ditetapkan, yaitu keterampilan guru dan aktivitas
siswa meningkat dengan kategori sekurang-kurangnya baik dan ketuntasan
hasil belajar sebesar 80% sudah tercapai sehingga penelitian ini
dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini
adalah melalui penerapan model Direct Instruction dengan media audio
visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi
keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN
Gisikdrono 03 Semarang. Saran bagi guru adalah model Direct Instruction
dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran IPA SD kelas IVB.
Download Skripsi Lengkap Klik disini
0 comments:
Post a Comment