SKRIPSI
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR)
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN MANGKANGKULON 01 KOTA SEMARANG
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang
diberikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama
(SMP). Berdasarkan hasil refleksi, guru belum menggunakan model
pembelajaran yang kreatif dan inovatif, kurang maksimal memanfaatkan
media pembelajaran, siswa kurang antusias dan pasif dalam mengikuti
pembelajaran, hasil belajar IPS rendah dengan ketuntasan 45%. Peneliti
bersama tim kolaborasi menetapkan alternatif tindakan dengan melakukan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan strategi Concept
Mapping berbantuan audio visual. Rumusan masalah yang ditetapkan adalah
apakah melalui strategi Concept Mapping berbantuan audio visual dapat
meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam
pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota
Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan
guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS pada
siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas melalui strategi Concept Mapping
berbantuan audio visual. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus
dengan 1 kali pertemuan tiap siklus. Tiap siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Mangkangkulon 01 Kota
Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis
data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor
20 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 28 dengan kategori
baik dan pada siklus III memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik.
(2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 20,65
kategori baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 24,22 kategori
baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 26,6 kategori sangat
baik. (3) Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 52,5% , meningkat
pada siklus II menjadi 72,5%, dan meningkat pada siklus III menjadi
85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui strategi concept
mapping berbantuan audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
IPS pada siswa kelas V. Saran bagi guru adalah strategi concept mapping
berbantuan audio visual diharapkan dapat menjadi solusi dalam
melaksanakan pembelajaran IPS di kelas V.
Download Skripsi Lengkap Klik disini
0 comments:
Post a Comment