(PENDIDIKAN TEKNIK MESIN)
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING STRATEGI (CLS) TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN TEORI KELISTRIKAN DAN KONVERSI ENERGI KELAS X di SMK N 3 YOGYAKARTA
DOWNLOAD FILE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
menggunakan metode
mengetahui perbedaan
yang menggunakan
prestasi belajar pada pembelajaran
maupun yang menggunakan metode ceramah
Penelitian ini dilakukan dengan metode
Nonequivalent Control G
siswa kelas X jurusan teknik pemesinan SMK N
siswa yang terbagi dalam
kelas dipilih secara acak
2: 36 siswa dan X
menggunakan pendapat ahli dan uji reliabilitas.
untuk mengetahui perbedaan atau peningkatan
perlakuan dan analisis data dengan menggunakan uji anova dua jalur untuk
pengaruh nilai UN terhadap
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
dengan metode Group Investigat
ceramah dengan hasil rata
yang signifikan antara siswa kelas yang menggunakan metode pembelajaran
investigation dan siswa kelas dengan metode ceramah dengan hasil uji hipotesis (t
test) dengan thitung > t
prestasi siswa kelas X untuk mata pelajaran Konversi Energi
dengan hasil fhitung < f
dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sis
kontrol dilihat dari uji t
terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Konversi Energi
dua jalur dengan fhitung
Kata Kunci : pembelajaran
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala petunjuk, rahmat
dan hidayah-Nya, sehingga
vii
di SMK N 3 YOGYAKARTA
Oleh :
DHARMA PANCA SANDI
NIM. 08503241008
ABSTRAK
untuk: (1) mengetahui prestasi siswa kelas X yang
Group Investigation dalam pembelajaran Konversi Energi;
hasil belajar menggunakan metode Group Investigat
metode ceramah; (3) mengetahui pengaruh
menggunakan metode Group Investigat
ceramah.
quasi eksperimen
Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah semua
3 Yogyakarta yang berjumlah
4 kelas. Dengan teknik random sampling, dimana sampel
dengan undian dan sampel yang terpilih adalah kelas X
TP 4: 35 siswa. Pengujian instrumen dilakukan dengan
Analisis data menggunakan uji
prestasi belajar
prestasi belajar siswa setelah diberi perlakuan.
bahwa: (1) peningkatan prestasi belajar siswa
Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan metode
rata-rata (71,21>67,41); (2) terdapat perbedaan prestasi belajar
ttable (2,11>2,00); (3) tidak terdapat pengaruh nilai UN terhadap
berdasarkan uji anova
ftabel (1,3<4,00 (5%)) dan 1,3<7,08 (1%)). Dari hasil tersebut
siswa kelas eksperimen dan
t-test sebesar 2,11 serta tidak terdapatnya pengaruh nilai UN
dilihat dari uji anova
hitung sebesar 1,3.
embelajaran Group Investigation, prestasi belajar siswa
KATA PENGANTAR
penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi dan
am (2)
Investigation dan
nilai UN terhadap
Investigation
dengan desain
0 comments:
Post a Comment