DOWNLOAD FILE
PROSES PEMBELAJARAN DAN KELAYAKAN SARANA BENGKEL
SISWA TEKNIK PEMESINAN DI SMK NASIONAL BERBAH
SLEMAN
Oleh:
DONY SETYO HERMAWAN
NIM. 08503244034
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui persepsi siswa
tentang proses pembelajaran di SMK Nasional Berbah Sleman. (2)
mengetahui persepsi siswa tentang kelayakan sarana bengkel di SMK
Nasional Berbah Sleman.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian expost facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah siswa Jurusan Teknik Pemesinan kelas X dan XI di SMK
Nasional Berbah Sleman yang berjumlah 70 orang, sedangkan penentuan
jumlah sampel dari populasi menggunakan Rumus Slovin dan didapatkan
hasil 58 orang dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5%.
Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) menurut persepsi
siswa proses pembelajaran di SMK Nasional Berbah Sleman dinyatakan
baik. Hal ini dapat dilihat dari variabel proses pembelajaran dengan nilai
persentase 76% dari skor maksimal 100% dari yang diharapkan. (2)
menurut persepsi siswa kelayakan sarana bengkel di SMK Nasional
Berbah Sleman dinyatakan baik. Hal ini dapat dilihat dari variabel
kelayakan sarana dengan nilai persentase 66% dari skor maksimal 100%
dari yang diharapkan.
Kata kunci : Proses pembelajaran dan kelayakan sarana praktik,
0 comments:
Post a Comment