Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada Peningkatan
Karakter melalui Permainan Bola Tembak Dalam Pelajaran Penjasorkes Siswa
Kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013?. Tujuan dari
penelitian ini adalah: untuk mengetahui Peningkatan karakter melalui
permainan bola tembak yang sesuai pada kelas XI SMA NEGERI 2 UNGARAN
Kabupaten Semarang dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan jasmani di
sekolah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2
Ungaran sebanyak 34 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah XI
IPA 1 SMA N 2 Ungaran yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian dilakukan
dalam dua siklus tindakan. Siklus pertama diberikan kuesioner dan
dilanjutkan perlakuan kepada siswa berupa permainan bola tembak kaki dan
siklus kedua pemberian perlakuan berupa bola tembak simpai dan diakhiri
pemberian kuesioner. Adapun data yang diperoleh dianalisis dengan rumus
perhitungan yang ada. Hasil penelitian siklus 1 dan 2 pada kusioner,
pada aspek hormat diperoleh persentase 91,18% dan 96,3%. Pada aspek
tanggung jawab diperoleh persentase 88,97% dan 93,4%. Pada aspek Peduli
diperoleh persentase 75,74% dan 84,6%. Pada aspek jujur diperoleh
persentase 89,7% dan 96,3%. Pada aspek adil diperoleh persentase 91,91%
dan 95,6%. Pada aspek beradab diperoleh dengan persentase 58,09% dan
76,5%. Hasil penelitian siklus 1 dan 2 pengamatan. pada aspek hormat
diperoleh persentase 76%% dan 91%. Pada aspek tanggung jawab diperoleh
persentase 74% dan 94%. Pada aspek Peduli diperoleh persentase 76% dan
86%. Pada aspek jujur diperoleh persentase 82% dan 96%. Pada aspek adil
diperoleh persentase 70% dan 82%. Pada aspek beradab diperoleh dengan
persentase 70% dan 84%. Dari hasil data yang diperoleh maka dapat
diambil kesimpulan bahwa pembelajaran permainan dapat mempengaruhi dan
mengembangkan karakter. Sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan
dalam mata pelajaran penjasorkes yang diajarkan di sekolah, karena
pembelajaran permainan bola tembak adalah pembelajaran yang efektif
dalam meningkatkan karakter, dan dapat dikembangkan kembali oleh guru
penjasorkes dengan berbagai macam modifikasi yang sesuai dengan
karakteristik siswa dan kondisi sarana dan prasarana yang terdapat di
sekolah sebagai penunjang pembelajaran
0 comments:
Post a Comment