Download
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar
siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbasis quantum
learning dengan kooperatif berbasis active learning. Desain penelitian
yang digunakan adalah pre-test post-test group design dan teknik
pengambilan sampelnya menggunakan purposive random sampling karena
pertimbangan guru dilihat dari nilai hasil ujian semester 1 bahwa kedua
kelas merupakan kelas yang berkemampuan kurang baik dibandingkan dengan
kelas lainnya. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi
dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak adanya
perbedaan rata-rata nilai post-test secara signifikan antara kelas
eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 setelah keduanya diberikan perlakuan
yang berbeda pada materi yang sama. Hasil belajar kognitif diperoleh
dari pre-test dan post-test masing-masing kelas eksperimen. Hasil
menunjukkan adanya peningkatan dari skor pre-test dan post-test pada
kedua kelas eksperimen tersebut dengan nilai rata-rata pre-test kelas
eksperimen 1 (quantum learning) 40,37 meningkat menjadi 75,71 pada
post-test dan kelas eksperimen 2 (active learning) 39,76 meningkat
menjadi 74,61. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran quantum learning dan active learning dapat
meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar kimia aspek kognitif yang
diberi pembelajaran quantum learning tidak lebih baik dibandingkan yang
diberi pembelajaran active learning.
0 comments:
Post a Comment