Download (1199Kb)
Abstract
Salah
satu faktor yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar yaitu
pemilihan model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran bertujuan
untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada
kenyataan di lapangan guru hanya menerapkan model konvensional pada
setiap pembelajaran termasuk pada mata pelajaran PKn. Model konvensional
menjadikan siswa sebagai objek bukan subjek pembelajaran, sehingga
hasil belajar siswa masih rendah. Model Cooperative Learning Tebak Kata
dapat dijadikan model alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar
bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu menguji
keefektifan model tebak kata terhadap hasil belajar siswa dan minat
siswa antara kelas yang mendapatkanperlakuan penerapan model tebak kata
dengan kelas yang menerapkan model konvensional pada materi komponen
pemerintahan pusat di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan
Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Negeri Debong Tengah 1, 2, dan 3 kota Tegal tahun
ajaran 2012/2013 yang berjumlah 95 orang siswa. Sementara itu sampel
penelitian diambil dari kelas IV SD Negeri Debong Tengah 2 sebagai kelas
eksperimen, kelas IV SD Negeri Debong Tengah 3 sebagai kelas kontrol,
dan kelas IV SD Negeri Debong Tengah 1 sebagai kelas uji coba. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi,
dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam
mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi
normalitas dan analisis akhir. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa
dengan perhitungan menggunakan rumus U Mann Withney melalui program SPSS
versi 17 menunjukkan bahwa, sig. (2 tailed) 0,00 < α= 0,05. Mengacu
pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan
(thitung< α), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKn materi komponen pemerintahan pusat dengan
penerapan model tebak kata lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar
siswa yang menerapkan model konvensional. Namun pada pengujian minat
belajar nilai thitung < ttabel yaitu 1,169 < 2,00 dan P value
0,247 < 0,005 maka Ha diterima sehingga tidak ada perbedaan minat
belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe tebak kata dengan konvensional.
0 comments:
Post a Comment