PDF
(PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN MEDIA JALAN ANAK TANGGA DAN
DINGKLIK OGLAK-AGLIK BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG 2012 ) - Published Version Download (3657Kb)
Abstract
Permasalahan
pada penelitian ini, perlu sebuah pemecahan masalah yang sederhana dan
kreatif yang dapat dilakukan oleh guru. Satu pemikiran muncul adalah
perlu adanya media alternatif dalam proses pembelajaran yang inovatif
untuk mengganti permainan jalan anak tangga yang seharusnya menggunakan
tangga yang sebenarnya, tetapi dikarenakan tangga yang sebenarnya kurang
memfasilitasi pembelajaran, maka pembelajaran dengan permainan
pos-posan supaya mencapai tujuan pembelajaran yang dicapai. Berdasarkan
permasalahan, maka penulis dalam Penelitian Tindakan Kelas ini menemukan
judul penelitian yaitu “bagaimana Proses Pembelajaran Permainan Media
Jalan Anak Tangga dan Dingklik Oglak Aglik Bagi Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Gajahmungkur 02 Kota Semarang”. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui media pembelajaran
permainan media jalan anak tangga dan dingklik oglak aglik bagi siswa
kelas IV Sekolah Daar Negeri Gajahmungkur 02 Kota Semarang. Dalam
penelitian ini terdiri dari 35 siswa, dengan siswa perempuan 15 anak dan
siswa laki-laki 21 anak. Pelaksanaan penelitian siklus 1 yaitu pada
tanggal 18 september 2012. Dan pelaksanaan siklus 2 yaitu pada 25
september 2012. Penelitian ini dilaksanakan di halaman Sekolah Dasar
Negeri Gajahmungkur 02 Kota Semarang. Data yang didapat pada penelitian
ini dengan menggunakan angket. Berdasar hasil penelitian ini pada siklus
1 hasilnya belum nampak dan membutuhkan penelitian perbaikan
selanjutnya. Siklus 1 mendapatkan hasil 57% kategori rendah,40% kategori
sedang. Sedangkan pada siklus 2 hasil penelitian meningkat, dengan
hasil 69% kategori sangat tinggi, 29% masuk pada kategori tinggi, dan 3%
masuk dalam kategori sendang. Pembelajaran melalui media permainan
jalan anak tangga dan dinngklik oglak aglik dapat memperbaiki proses
pembelajaran pada siklus 1 dan 2 sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar. Permainan jalan anak tangga dan dingklik oglak aglik dapat
dipakai sebagai alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran shingga
hasilnya meningkat
0 comments:
Post a Comment