Abstract
Setiap
Agama hakikatnya mengajarkan nilai-nilai yang melahirkan norma aturan
tingkah laku dan menjadi panduan moralitas manusia para pemeluknya.
Dalam kenyataannya perlu adanya pemahaman akan nilai-nilai toleransi
terhadap keberagamaan agama, maka dari itu perlu adanya peran sekolah
dalam upaya pendidikan terhadap sikap dan perilaku. SMP PIUS Pemalang
merupakan sekolah Yayasan Kristen, seluruh siswa yang bersekolah
mempunyai latar belakang kepercyaan agama yang berbeda, dengan pemahaman
nilai-nilai toleransi dengan perilaku yang mereka tunjukkan.
Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang diambil adalah 1)
Bagaimana nilai-nilai (toleransi) yang ditanamkan oleh siswa di SMP Pius
Pemalang, 2) Bagaimana perilaku toleransi keagamaan pada siswa di SMP
Pius Pemalang, dan 3) Adakah implikasi pemahaman nilai-nilai toleransi
keagamaan terhadap perilaku siswa di SMP Pius Pemalang. Tujuan dari
penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Bagaimana nilai nilai
(toleransi) yang ditanamkan oleh siswa di SMP Pius Pemalang, 2) Untuk
mengetahui Bagaimana perilaku toleransi keagamaan pada siswa di SMP Pius
Pemalang dan 3) Untuk mengetahui adakah Implikasi pemahaman nilai-nilai
toleransi keagamaan terhadap perilaku siswa di SMP Pius Pemalang. Jenis
Penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan Lokasi Penelitian
di SMP PIUS Pemalang.Fokus penelitiannya adalah Implikasi Pemahaman
Nilai-Nilai Toleransi Keagamaan Terhadap Perilaku Siswa di SMP PIUS
Pemalang.Indikatornya pemahaman dan perilaku nilai-nilai toleransi
keagamaan dengan perilaku siswa meliputi nilai-nilai yang terkait
terhadap perilaku siswa yang dapat diamati, yaitu perilaku toleransi,
perilaku spiritual keagamaan, dan cinta damai.Metode pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data
dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian : Pemahaman Nilai-Nilai Toleransi
Keagamaan Terhadap Perilaku Siswa di SMP PIUS Pemalang melalui
pendidikan agama yang diselenggarakan bina iman upaya pendidikan
kerohanian, melalui pendidikan karakter, materi khusus untuk memahami
nilai-nilai toleransi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn) yang berperan aktif dalam upaya mengembangkan
nilai-nilai toleransi terhadap keberagaman kehidupan berbangsa. Simpulan
dalam penelitian ini adalah Implikasi Pemahaman Nilai-Nilai Toleransi
Keagamaan Terhadap Perilaku Siswa, secara umum telah diterapkan dalam
perilaku dari nilai-nilai mengahargai agama, nilai menghormati
perbedaan, nilai keimanan dan ketaqwaan ajaran agama, serta nilai
lainnya tidak ada paksaan keyakinan terhadap agama, keyakinan dan
kepercayaannya dengan saling menghargai dan menghormati antar pemeluk
agama. Saran dalam penelitian ini adalah diupayakan kegiatan dalam
pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik terkait dengan
mengembangkan nilai-nilai toleransi.
0 comments:
Post a Comment