Abstract
Gerakan
sosial merupakan tindakan bersama untuk meningkatkan suatu perubahan di
sekolah di mana usaha tersebut dilakukan oleh siswa, guru dan karyawan.
Suatu gerakan sosial siswa di SMP N 2 Ungaran dapat meningkatkan
solidaritas antar teman sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu
(1) Bagaimanakah bentuk gerakan sosial yang dilaksanakan di SMP N 2
Ungaran, (2) Apakah program gerakan sosial siswa tersebut dapat
memberikan dampak positif bagi siswa penerima batuan sosial di SMP N 2
Ungaran, (3) Apakah Implementasi gerakan sosial siswa tersebut dapat
menunjang aktivitas sekolah dalam bidang akademik dan non akademik.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Lokasi
penelitian adalah SMP N 2 Ungaran. Fokus penelitian ini adalah (1)
Bentuk gerakan sosial yang dilaksanakan di SMP N 2 Ungaran, (2) Dampak
positif dari siswa penerima batuan sosial di SMP N 2 Ungaran, (3)
Gerakan sosial siswa dalam menunjang aktivitas sekolah dalam bidang
akademik dan non akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan
sosial siswa yang terjadi di SMP N 2 Ungaran yaitu semakin tinggi kelas
siswa semakin rendah solidaritas siswa dan sebaliknya, hal ini
dibuktikan dari antusiasme siswa dalam penggalangan dana.Bentuk gerakan
sosial tidak hanya menciptakan nilai sosial, toleransi dan gotong royong
terhadap siswa, tetapi juga memberikan dampak positif bagi penerima
bantuan dan bukan penerima bantuan. Bagi penerima bantuan, siswa dapat
meringankan beban mereka, sedangkan bagi bukan penerima bantuan dapat
meningkatkan solidaritas, toleransi dan jiwa sosial antar siswa di SMP N
2 Ungaran. Aktivitas akademik dapat mendukung pembelajaran siswa yang
kondusif, sedangkan aktivitas non akademik sekolah dapat mendukung
fasilitas sekolah. Aktifitas akademik dan non akademik dapat terpenuhi
untuk mensejahterakan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1)
siswa terbiasa untuk hidup gotong royong, toleransi, tolong menolong dan
menghargai satu sama lain, (2) gerakan sosial siswa memberi dampak
positif yaitu saling membantu, menciptakan pembelajaran yang kondusif,
melatih kedisiplinan dan kerapian siswa setiap hari, (3) program gerakan
sosial siswa menunjang bidang akademik dan non akademik
0 comments:
Post a Comment