Abstract
IPS
adalah suatu kajian yang mempelajari tentang telaah manusia dengan
kehidupannya. Masalah dalam penelitian adalah kualitas pembelajaran IPS
di SDN Wonosari 02 Kota Semarang yang belum optimal dalam mengelola
kelas sehingga aktivitas siswa kurang terkelola dengan baik. Hal ini
berdampak pada kurang maksimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa.
Hasil refleksi menunjukkan bahwa guru belum memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bekerjasama dan memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa
lain sehingga kemandirian dan tanggungjawab siswa belum terlihat dalam
menyelesaikan persoalan. Selain itu, guru belum menggunakan media yang
inovatif sehingga siswa belum memperoleh pembelajaran yang bermakna.
Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pair
check berbantuan media flashcard untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran IPS pada siswa kelas IVB SDN Wonosari 02 Kota Semarang?.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS
melalui model pair check berbantuan media flashcard pada siswa kelas IVB
SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Desain penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan prosedur
penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru praktikan dan 38 siswa SDN Wonosari 02
Kota Semarang dengan variabel penelitian meliputi keterampilan guru,
aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, tes, non tes, dokumentasi, dan catatan
lapangan. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I
memperoleh skor 26 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 34
kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 41 kategori sangat baik.
Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,1 kategori cukup,
siklus II memperoleh skor 23,1 kategori baik, dan siklus III memperoleh
skor 27,3 kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada
siklus I sebesar 63,15% kategori cukup, siklus II sebesar 73,61%
kategori baik, siklus III sebesar 84,97% kategori sangat baik. Simpulan
dari penelitian ini adalah model pair check berbantuan media flashcard
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan
guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru dalam
menggunakan model pair check hendaknya memberi arahan kepada siswa untuk
bekerjasama dan melaksanakan tugas sesuai perannya dengan baik.
0 comments:
Post a Comment