Abstract
Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada
siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Hal ini terbukti
ditemukannya beberapa masalah, diantaranya guru belum mengawali
pembelajaran dengan menyajikan masalah nyata, respon siswa masih rendah,
proses pembelajaran belum berpusat pada siswa, dan mengakibatkan hasil
belajar siswa rendah yaitu sebanyak 71% belum mencapai KKM yaitu 65.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penerapan model PBL
dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA
yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan
hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang?
Tujuan penelitian adalah: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas
siswa, respon siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan
siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Data dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru
pada siklus I memperoleh skor 18 (baik), siklus II memperoleh skor 22
(baik) dan siklus III memperoleh totak skor 25 (sangat baik); (2)
Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh total skor 168 (cukup), pada
siklus II memperoleh total skor 220 (baik) dan siklus III memperoleh
skor 224 (sangat baik); (3) Respon siswa pada siklus I dengan persentase
71% (positif), pada siklus II dengan persentase 78% (positif) dan
siklus III dengan persentase 92% (sangat positif) (4) Hasil belajar
dengan ketuntasan klasikal pada siklus I53% (cukup), meningkat pada
siklus II menjadi 74% (baik), dan siklus III meningkat menjadi 88%
(sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model PBL
dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA
yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan
hasil belajar IPA. Saran yang diberikan yaitu pada saat pembelajaran
diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang, untuk menerapkan
prinsip-prinsip model pembelajaran diperlukan latihan, hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa memberikan respons yang positif, dan pada
penelitian selanjutnya dapat diterapkan dengan menggunakan model PBL
dengan media audiovisual dalam pembelajaran IPA
0 comments:
Post a Comment