Tuesday, 1 November 2016

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02 KOTA SEMARANG

Download (2807Kb)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Hal ini terbukti ditemukannya beberapa masalah, diantaranya guru belum mengawali pembelajaran dengan menyajikan masalah nyata, respon siswa masih rendah, proses pembelajaran belum berpusat pada siswa, dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu sebanyak 71% belum mencapai KKM yaitu 65. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penerapan model PBL dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 (baik), siklus II memperoleh skor 22 (baik) dan siklus III memperoleh totak skor 25 (sangat baik); (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh total skor 168 (cukup), pada siklus II memperoleh total skor 220 (baik) dan siklus III memperoleh skor 224 (sangat baik); (3) Respon siswa pada siklus I dengan persentase 71% (positif), pada siklus II dengan persentase 78% (positif) dan siklus III dengan persentase 92% (sangat positif) (4) Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus I53% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 74% (baik), dan siklus III meningkat menjadi 88% (sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model PBL dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar IPA. Saran yang diberikan yaitu pada saat pembelajaran diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang, untuk menerapkan prinsip-prinsip model pembelajaran diperlukan latihan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respons yang positif, dan pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan dengan menggunakan model PBL dengan media audiovisual dalam pembelajaran IPA

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver